GP Ansor Gerakan UMKM Di Kalbar Naik Kelas Dan Lebih Maju

Editor: Redaksi author photo
GP Ansor Gerakan UMKM Di Kalbar Naik Kelas Dan Lebih Maju
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar pelatihan Pendampingan UMKM secara serentak di 34 Provinsi se-Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Barat, hal tersebut bertujuan agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Gerakan Pemuda Ansor bisa terus berkembang.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Sekjen Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bidang Ekonomi, Addin Jauharudin, Ia berharap dari pelatihan tersebut agar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Gerakan Pemuda Ansor bisa naik kelas dan lebih maju.

"Kegiatan pelatihan Pendampingan UMKM Ansor bersama dengan Bank BNI harapannya adalah UMKM Ansor bisa naik kelas, lebih maju, terintegrasi dan bisa lebih berkembang," katanya.

Hal tersebut disampaikanya usai membuka secara resmi pelatihan Pendampingan UMKM dan Rakerwil GP Ansor Kalimantan Barat di hotel Merpati Pontianak Kalimantan Barat, Senin 11 Oktober 2021.

Berbicara soal Pemulihan Ekonomi umat, dikatakannya, bukanlah upaya yang baru di kalangan Ansor, lantaran sudah sejak lama Ansor sebagai banom Nahdlatul Ulama meneruskan amanah dari NU yaitu untuk memperbaiki perekonomian rakyat atau Nahdlatul Tujjar yang mempunyai arti Pergerakan Kaum Saudagar untuk membangkitkan ekonomi NU.

"Maka dalam pandemi covid-19 ini, upaya tersebut bisa menjadi obat yang mujarat, karena selain obat Vaksinasi Medis juga dibutuhkan vaksiansi ekonomi. Maka Ansor hadir selain vaksinasi medis, namun juga vaksiansi ekonomi dan yang kita harapkan adalah  masyarakat sekitar bisa merasakan dari langkah-langkah ekonomi yang sedang dibangun oleh Ansor ini," jelasnya.

Pelatihan UMKM yang digelar secara serentak itu, akan berlangsung hingga Minggu kedua Desember 2021 ini dan termasuk di Kalbar yang merupakan Provinsi kelima yang sudah melaksanakan yang meliputi pimpinan Cabang kabupeten dan Kota di Kalbar sehingga nantinya bisa menjadi penggerak ekonomi di daerah masing-masing.

Sejauh ini, kata dia,  jika melihat potensi alam yang ada di Kalimantan Barat, tentu banyak potensi yang bisa digali oleh Kader Ansor untuk membangkitkan perekonomian masyarakat yang kita ketahui sudah terdampak akibat pandemi covid-19.

"Hasil alam seperti kratom sangat besar  dan banyak usaha yang lain. Maka diharapkan Ansor tidak hanya berpangku tangan, tapi juga bisa menjadi pelaku dan perintis usaha-usaha hasil bumi," jelasnya.

Dalam meningkatkan perekonomian dikatakannya bisa bersinergi dengan berbagai pihak seperti yang saat ini telah terjalin dengan bank BNI. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini