Kapolres Kubu Raya Pimpin Apel Gabungan Kesiagaan Karhutla

Editor: Redaksi author photo
Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy memimpin Apel Siaga Karhutla

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Tim Gabungan Pemkab Kubu Raya, Polres Kubu Raya, Kodim1207/BS melaksanakan apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di halaman Mapolres Kubu Raya jalan arteri Supadi Sungai Raya pada Rabu pagi (25/08/2021).

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy memimpin lansung Apel tersebut yang digelar guna mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga kelestarian hutan juga menjaga hutan dengan baik, tampak hadir Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, SE, M.Sos, Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah, S.IPem, Wakapolres Kubu Raya, Kabag Ops Polres Kubu Raya, Kasat Sabhara Polres Kubu Raya, Kasat Binmas Polres Kubu Raya, Kasat Pol PP Kab. Kubu Raya, Kabid Damkar Pemda Kab. Kubu Raya, Kadaops Manggala Agni, Kasi Kedauratan Dan Logistik BPBD Kab. Kubu Raya.

Usai melaksanakan apel Karhutla Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy menjelaskan jika ini merupakan kegiatan sosialisasi untuk terus mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menjaga kelestarian hutan yang ada di Kabupaten Kubu Raya khususnya.

"Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kita melakukan sosialisasi ke polsek-polsek jajaran untuk selalu melakukan giat patroli dan himbauan waspada karhutla kepada masyarakat," Jelas Kapolres.

Kapolres mengatakan bahwa selama ini banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan membakar lahan dengan sengaja padahal efeknya sangat merugikan semua pihak.

"Kebanyakan mereka melakukan pembakaran disubuh hari dan di malam hari, sebagimana kita ketahui Kabupaten Kubu Raya ini 70% berlahan gambut jadi lahan gambut ini sangatlah mudah terbakar, ini informasi yang saya dapat dari anggota-anggota lainnya," Tegas Kapolres.

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy mengatakan tindakan hukum untuk pembakaran lahan , apabila terbukti kebakaran tersebut disebabkan oleh seseorang, maka aparat keamanan akan melakukan tindakan hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy juga menjelaskan saat ini Polres Kubu Raya menyiaagakan sekitar 60 personil untuk siaga Karhutla.

"Dengan jumlah 60 personil sebenarnya masih kurang, tapi kami akan memaksimalkan kesiagaan dan kewaspadaan anggota lainnya,” tegasnya. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini