Tanaman Sorgum Dikembangkan Di Jagoi Babang, Ini Harapan Bupati Sebastianus Darwis

Editor: Redaksi author photo
 Bupati Sebastianus Darwis Tanam Perdana Bibit Sorgum

KALBARNEWS.CO.ID (JAGOI BABANG) – Sorgum menjadi Komoditi tanaman yang akan dikembangkan di Kabupaten Bengkayang, hal ini ditandai dengan Penanaman perdana Sorgum oleh Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, SE.,MM bersama Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS di Kecamatan Jagoi Babang, Senin (05/07/2021).

Penanaman ini bertujuan sebagai upaya untuk mendukung program Food Estate diwilayah perbatasan Republik Indonesia sekaligus mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tanaman Sorgum.

Hal itu disampaikan Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, SE.,MM dalam sambutanya ketika melakukan penanaman perdana Sorgum sebagai tanda dimulainya pertanian Sorgum di Kabupaten Bengkayang.

“Sorgum ini merupakan salah satu dari lima bahan pokok selain padi, gandum, jagung, kedelai. Rendah gula, bagus bagi penderita diabetes minuman, bahan ternak, gula serta dijadikan sebagai bahan bakar. Dapat menambah pendapatan masyarakat karena mampu mencapai angka 50rb per Kg,” jelas Bupati.

Bupati Bengkayang memaparkan bahwa saat ini Sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang masih stabil selama masa pandemi. Dan sesuai dengan arahan Presiden, agar masyarakat petani untuk mengembangkan potensi-potensi pertanian. Bahkan kedepan sektor ini dapat menjadi sektor unggulan yang mampu menopang ketahanan pangan dunia.

Sementara itu Dansatgas Pamtas Mekanis 643/WNS, Letkol Inf. Hendro Wicaksono, S.IP menyampaikan terimakasih kepada Pemda Bengkayang  serta masyarakat yang bersedia agar lahannya diolah untuk menanam Sorgum dan berharap kedepan Sorgum menjadi salah satu tanaman yang dapat dikembangkan di Kabupaten Bengkayang.

“Pada hari ini dilakukan penanaman secara serentak oleh 29 pos yang berada dibawah komando untuk menanam Sorgum. Semoga program ini mendapat dukungan semua pihak dan berhasil,” harapnya.

Bengkayang sebagai daerah yang paling subur di Kalimantan Barat, pengembangan tanaman Sorgum merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan. Sorgum dapat dimanfaatkan sebagai makanan pengganti nasi atau gandum, lem, alat kosmetik.

Melalui kegiatan yang digagas oleh Satgas Pamtas 643/WNS ini, Ia berharap tanaman Sorgum menjadi tanaman yang menjadi salah satu komoditas andalan masyarakat perbatasan RI-Malaysia dan sekitarnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini