Sering Alami Banjir, Warga Desa Rasau Jaya Umum Gotong Royong Bersihkan Sungai

Editor: Redaksi author photo
Warga Desa Rasau Jaya Umum Gotong Royong Bersihkan Sungai

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Karena sering alami banjir saat musim penghujan tiba, warga RT 028 RW 009 Desa Rasau Jaya Umum gotong royong bersihkan sungai yang berada di sekitar perkampungan mereka, dengan semangat kebersamaan semua warga turun membersihkan sungai tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua RT 028, Abdul Rahim yang kerap disapa pak dol, Ia mengatakan kegiatan ini dilaksanakan akibat kesadaran masyarakat untuk peduli dengan kebersihan sungai, karena memang pada saat musim penghujan tiba daerah ini sering alami banjir. Hingga rumah warga terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.

"Banjir itu terjadi akibat sungai yang sumbat, jadi kalau kumpainya dibersihkan aliran sungai akan lancar, sehingga akan meminimalisir terjadinya banjir seperti beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Gotong royong ini merupakan kegiatan rutin masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, kondisi wilayah tersebut yang dibentangi oleh aliran sungai menjadi vital untuk kebutuhan sehari-hari.

Salah satu warga Dicky, yang turut gotong royong menegaskan fungsi sungai sebagai sumber kebutuhan sehari-hari dan keberadaan sungai merupakan bagian penting bagi warga.

"Sungai ini bagian panting bagi warga sini, karena sumber untuk mandi, mencuci baju, dan lain sebagainya, kalau sungainya kotorkan susah," terang Dicky.

Ia menambahkan kegiatan gotong royong ini akan rutin dilaksanakan karena efektif mengingat sungai yang cukup besar dan panjang sehingga lebih mudah jika dibersihkan bersama-sama.

Hal yang sama disampaikan Udin, pemuda yang turut serta dalam gotong royong ini, Ia  mengatakan gotong royong ini mampu mempererat tali silaturahmi antar warga.

"Gotong royong seperti ini mampu mempererat tali silaturahmi antar warga," ujar Udin sembari menarik kumpai ke pinggir sungai.

Ia berharap gotong royong ini dapat dicontoh oleh daerah sekitar agar sungai ini tidak sumbat dan tetap mengalir, tentu sungai harus dijaga bersama bukan hanya sebagian warga.

"Sungai ini milik bersama bukan milik warga kami saja, sehingga berharap semua warga sadar untuk menjaga dan membersihkan sungai, biar tidak terjadi banjir seperti kemarin" pungkasnya. (Sopian Lubis).

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini