Sujiwo: Pancasila Ideologi Paripurna, Terbukti Mampu Satukan Perbedaan

Editor: Redaksi author photo
Sujiwo: Pancasila Ideologi Paripurna, Terbukti Mampu Satukan Perbedaan

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Pada momentum Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak masyarakat untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Sujiwo berpendapat, Pancasila merupakan buah pikir Ir. Soekarno yang dapat menjadi pemersatu keberagaman suku, kelompok, ras, golongan, dan agama yang ada di Indonesia.

“Pancasila adalah buah pikir Bung Karno yang maha dahsyat dan luar biasa. Karena dengan Pancasila, dimana kita ketahui bangsa ini bermacam-macam suku, kelompok ras, golongan, agama, dengan Pancasila maka bisa menyatukan kita semua," kata Sujiwo saat dijumpai di Sungai Raya, Selasa (01/06/2021).

“Artinya Pancasila ini sudah menjadi nafas kehidupan berbangsa dan bernegara,” sambungnya.

Menurut Sujiwo, Pancasila merupakan ideologi paripurna karena telah terbukti mampu menyatukan perbedaan. Pancasila sebagai dasar negara juga disebutnya sudah final sehingga tidak perlu lagi diperdebatkan.

“Dari lima sila itu, semuanya sangat luar biasa yang kemudian dapat diamalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bagi saya, Pancasila tinggal kita jalankan, bukan diperdebatkan karena kita bisa sampai hari ini, bangsa Indonesia masih berdiri tegak itu karena Pancasila,” tuturnya.

“Sehingga, sekali lagi saya tegaskan, tugas kita sebagai anak bangsa hanya tinggal menjalankan, mengamalkan dan membumikan Pancasila dalam kehidupan bernegara. Itu menjadi tanggung jawab kita semua agar Pancasila tetap abadi dan terhindar dari paham-paham yang mengancam, seperti liberal, komunis, sosialis, radikalis, dan lain sebagainya,” pungkasnya. (na/tim liputan).

Editor : Taufik

Share:
Komentar

Berita Terkini