Tumbuhkan Semangat Di Masa Pandemi Pokja Rumah Demokrasi Kalbar Gelar FGS

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Kelompok Kerja (Pokja) Rumah Demokrasi Kalimantan Barat Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bertempat di Hotel Golden Tulip Pontianak Jalan Teuku Umar, Sabtu (01/05/ 2021)

Kegiatan yang menggusung tema  Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Kebangsaan Dalam Berdemokrasi di hadiri langsung oleh Anggota DPD RI Maria Goreti, Kepala Kesbangpol Kalbar Hermanus, Wakil Ketua DPRD Kalbar Syarif Amin Muhammad dan Pegamat Mafindo Pontianak Syf Ema Rahmaniah.

Ketua Umum Pokja Rumah Demokrasi Zainudin Kismit dalam sambutanya mengatakan Alasannya mengangkat tema ini karna ingin bagaimana adanya integrasi antara nasionalisme dan demokrasi menjadi semangat dalam mewujudkan cita-cita kebangsaan

"Nasionalisme itu terdapat 2 klasifikasi pertama civic nasionalism dan yg kedua etnhic nasionalism dari klasifikasi itu di bangsa ini telah ada keduanya tinggal bagaimana memaksimalkan itu mnjadi tindakan nasionalisme melalui bagian dari Pilar2 Demokrasi yaitu kerakyatan, permusyawaratan dan keterwakilan," ucap Zainudin.

Ia juga mengungkapkan bahwa demokrasi rentan penyalahgunaan jika tidak dibarengi dengan semangat nasionalisme

"Karna jika berdemokrasi tanpa nasionalisme maka itu akan rentan penyalahgunaan salah satunya itu korupsi maka dari itu penting adanya semangat nasionalisme untuk menjadi bangsa yg maju, modern, adil, dan makmur," paparnya.

Salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut Sy Amin Muhammad yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Kalbar menyampaikan bahwa dalam momen diskusi dengan berbagai elemen masyarakat ini, berkaitan dengan demokrasi, sebagai wakil rakyat, ia berusaha tidak akan membeda-bedakan siapapun, harus bisa mengayomi semua.

"Ditengah Kesibukan sebagai anggota dewan, saya selalu berusaha terbuka kepada siapapun yang datang kerumah rakyat untuk menampung aspirasi tanpa melihat identitas, suku atau pun agama," ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa para wakil rakyat tidak perlu mengurusi hal-hal yang sifatnya bisa memecah belah di internal. Ranah dewan adalah membangun masyarakat Kalbar, mulai dari pangan, pendidikan hingga pembangunan lainya supaya bisa bagus dan maksimal.

"Saya berharap, diskusi singkat ditengah pandemi ini bisa bermanfaat sebagai upaya dalam menjaga iklim demokrasi dan menjaga persatuan dinegara tercinta," pungkasnya. (tha).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini