-->

BREAKING NEWS

BERHATI-HATILAH PENGGUNA JALAN KHUSUS SEPEDA MOTOR DI JEMBATAN KAPUAS 1, KARENA CUACA GERIMIS DI KABARKAN ADA PENGENDARA KENDARAAN RODA DUA YANG TERJATUH KARENA LICIN AKIBAT HUJAN, KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TETAPKAN AWAL RAMADHAN 1442 H JATUH PADA : SELASA (13 APRIL 2021) SETELAH LAKUKAN SIDANG ISBAT YANG DI HADIRI TOKOH AGAMA DAN ORGANISASI KEAGAMAAN, NU SERTA MUHAMADIYAH, GEMPA YANG MELANDA MASYARAKAT DI WILAYAH JAWA TIMUR YANG DIRASAKAN DI BEBERAPA DAERAH MENYISAKAN TRAUMA MASYARAKAT, KEBAKARAN MELANDA KOMPLEK RUMAH DINAS POLDA KALBAR DI JALAN SUBARKAH PONTIANAK KALIMANTAN BARAT, SEJUMLAH PEMADAM KEBAKARAN BERJIBAKU MEMADAMKAN KEBAKARAN TERSEBUT, KEJADIAN SEKIRA 14;00 WIB, SENIN (05/04/2021), JALAN TRANS KALIMANTAN MEMAKAN KORBAN LAGI, SEORANG PENGGUNA JALAN TEWAS SETELAH ALAMI KECELAKAAN PERSIS DI DEPAN INDOMART DESA JAWA TENGAH KM 17,5 KORBAN TEWAS TERTABRAK TRUCK TRONTON DARI ARAH BERLAWANAN, DARI IDENTITAS DITEMUKAN KORBAN BERNAMA DANIEL ANWAR WARGA DUSUN KERAMAT 1 DESA KUALA DUA KEC SUNGAI RAYA KAB KUBU RAYA, MINGGU (04/04/2021), A.M NASIR, SH SECARA AKLAMASI TERPILIH SEBAGAI KETUA DEWAN PENGURUS WILAYAH (DPW) PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) KALIMANTAN BARAT, DIDUGA TERORIS SERANG MABES POLRI GUNAKAN SENJATA API JENIS PISTOL, TERDUGA TEROSRIS TERSEBUT DAPAT DILUMPUHKAN POLISI, SAAT INI POLISI SEDANG DALAMI KASUS INI, HARI INI, RABU (31 MARET 2021) SEJUMLAH WARTAWAN YANG BERTUGAS DI KABUPATEN KUBU RAYA LAKUKAN VAKSIN TAHAP KEDUA DI AULA KANTOR BUPATI KUBU RAYA JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, HARI INI, SELASA (30/03/2021) PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA MELALUI DINAS KESEHATAN AKAN LAKUKAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KEDUA UNTUK TENAGA PENDIDIK DAN ASN DI AULA KANTOR BUPATI JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, GEREJA KATEDRAL DI MAKASAR DIKABARKAN TERJADI LEDAKAN DIPERKIRAKAN BOM , SAAT INI SEDANG DALAM PENDALAMAN APARAT KEAMANAN, JELANG KEPULANGAN SANTRI-SANTRIWATI DALAM RANGKA LIBUR BULAN PUASA DAN MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT AKAN FASILITASI TEST SWAP GRATIS, WAKIL BUPATI HADIRI PANEN PADI PERDANA WARGA BINAAN LAPAS PEREMPUAN KELAS II A PONTIANAK DI KEC SUNGAI KAKAP KAB KUBU RAYA

Wabup Sujiwo Puji LDII Lakukan Pelestarian Alam, Tanam Ribuan Pohon Di Hutan Kota Desa Limbung

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyampaikan apresiasinya kepada Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) yang menginisiasi gerakan penghijauan di Hutan Kota Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Minggu (4/4/2021) pagi.

Menurut Sujiwo, gerakan penanaman lima ribu pohon yang diinisiasi LDII itu sangat positif karena dapat membantu mengembalikan kondisi ekosistem areal yang kerap menjadi lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut.

"Pertama, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada LDII yang telah memprakarsai penanaman pohon bersama Lanud Supadio, Paskhas, Kodim, Polres, Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar dan semua elemen lainnya, khususnya warga Desa Limbung," kata Sujiwo.

Sujiwo menuturkan, penghijauan yang diprakarsai LDII ini menunjukkan kepedulian organisasi tersebut akan pelestarian lingkungan. Gerakan seperti ini dikehendakinya bisa diikuti oleh organisasi lain guna mempercepat pemulihan lahan bekas terbakar di areal tersebut.

"Ini (penghijauan) harus berkelanjutan. Kalau hari ini LDII sebagai motor, berikutnya harus ada jadwal. Nah, saya pastikan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan komunitas saya, Sahabat Alam Community akan ambil bagian untuk turut menghijaukan lahan ini," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sujiwo juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk mulai menyadari pentingnya melakukan pelestarian lingkungan guna mencegah terjadinya bencana alam.

Ia berujar, ada banyak tindakan sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga alam tetap lestari, seperti tidak membuang sampah sembarangan, hemat listrik dan air, dan mengurangi penggunakan sampah plastik.

"Kita semua harus sudah mulai sadar bahwasanya menjaga dan merawat alam dan lingkungan ini suatu keniscayaan. Karena selama ini, jujur saya katakan yang merusak dengan merawat dan memelihara itu persentasenya jauh. Lebih besar yang merusak. Kalau tidak ada kesadaran dari sekarang, akan semakin banyak penyakit, wabah, dan bencana yang akan datang," tukasnya.

Lebih jauh Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar ini juga menegaskan keseriusannya untuk menata kawasan tersebut sehingga benar-benar layak disebut hutan kota. Komunikasi dan sinergi yang intensif akan Ia jalin dengan berbagai pihak agar keinginan masyarakat untuk melihat kawasan tersebut menjadi hutan kota tidak sebatas angan-angan belaka.

"Hutan kota sudah dirancang mulai tahun 2011 lalu dengan Keputusan Bupati. Saya termasuk salah satu orang yang merintis kawasan ini menjadi hutan kota. Tentu sangat disayangkan jika lahan seluas ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Makanya, selain dengan bupati, saya akan komunikasi dengan Pemprov dan pihak-pihak lain supaya harapan masyarakat untuk melihat hutan kota benar-benar terwujud," pungkasnya. (na).

Editor : Aan

 

 

Komentar Anda

Berita Terkini