BWS Kalimantan 1 Kampanyekan Ayo Jaga Sungai Melalui Lirik dan Lagu

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 ajak masyarakat untuk menjaga sungai, karena Kalimantan ini terkenal dengan aliran sungai yang sangat panjang dan perlu dijaga kelestarian, untuk itulah BWS Kalimantan 1 lakukan kampanye melalui Lirik dan Lagu yang diciptakan Ahin Saka Putra Asli Kalimantan Barat.

Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 etrus lakukan kampanye terkait pentingnya menjaga sungai, bagi masyarakat baik yang tinggal di tepian Sungai Kapuas atau masyarakat lainya melalui media sosial, Kompetisi Tiktok dan kali ini dengan Lirik dan Lagu.

Pada Video Klip yang bernuansakan Jaga Sungai Kapuas, lagu itu diciptakan agar masyarakat lebih serius dalam menjaga sungai, guna mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, lagu tersebut di ciptakan oleh salah satu musisi Kalimantan Barat yaitu Ahin Saka yang juga sekaligus penyanyi lagu tersebut.

Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 lakukan Press Conferense dengan menghadirkan langsung oleh Ahin Saka sebagai pencipta sekaligus penyanyi lagu tersebut, Haris Supiandi dari Gertak Film sebagai pembuat video klip tersebut  dan juga Kepala Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 Dwi Agus Kuncoro, ST,.MM.,MT., Press tersebut dilakukan di Hotel Orchardz Jalan Gajah Mada No 89 Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (10/04/2021) Pagi.

Ahin Saka pria kelahiran Kabupaten Sekadau ini adalah salah satu musisi Kalimantan Barat, dirinya menciptakan lagu Jaga Sungai Kapuas, lagu ini diciptakan agar menyadarkan masyarakat dalam menjaga kebersihan Sungai Kapuas.

"Saya adalah orang yang dulu pernah tinggal ditepian kapuas Dan pernah mendapatkan rejeki dengan bekerja dari Sungai Kapuas, Keindahan Kapuas menginspirasi saya untuk menciptakan lagu ini dan berharap agar kapuas dapat terus dijaga hingga ke anak anak cucu kita," jelas Ahin Saka.

Sementara itu Haris Supiandi sebagai tim pembuat video klip dari Gertak Film, menerangkan jika dalam pembuatan video klip tersebut fokus untuk mempilkan budaya lokal agar masyarakat tidak bosan dengan video tersebut.

"Agar nantinya video setelah di share masyarakat tidak bosan, juga tanggung jawab menjaga air ini pun menjadi tanggung jawab seluruh Etnis Masyarakat Kalimantan barat, agar sungai tidak tercemari oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab," ujar Haris Supriadi.

Sementara itu Kepala Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 Dwi Agus Kuncoro, ST,.MM.,MT., menjelaskan jika sudah banyak kampannye terkait pentingnya menjaga sungai, bagi masyarakat baik yang tinggal di tepian Sungai Kapuas atau masyarakat lainya.

Namun kampanye melalui lagu dengan lirik yang asik dirasa dapat membangun semangat masyarakat untuk menjaga sungai.

"Lirik yang mudah di hapal dan nyaman di dengar diharapkan dapat di terima masyarakat, karna dengan sering mendengarkan dan kemudian hapal dengan sendirinya, bisa menjadi teguran bagi pribadi masing–masing untuk, oh iya jangan buang sampah ayo jaga sungai seperti itu," terangnya.

Selain melalui lagu, kampanye melalui sosial media juga terus di gencarkan, seperti baru–baru ini Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 juga mengkampanyekan jaga sungai dengan Kompetisi Tiktok yang berhasil menjaring ratusan video, Selain kampanye, bukti nyata juga di lakukan BWS Kalimantan 1 seperti menanam pohon dan pemeliharaan serta normalisasi sejumlah parit. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini