STIKes Yarsi Pontianak Galang Pendonor Darah Di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Sebagai upaya membantu Palang Merah Indonesia mencukupi stok darah di masa pandemi covid-19 yang sangat kurang, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak galang pendonor di wilayah Kota Pontianak  dengan aksi Donor darah sekaligus dalam rangka peringatan Miladnya yang ke-37, di Aaula STIKes Yarsi Jalan Panglima Aim Pontianak Timur, Rabu (24/03/2021).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Milad Ke-37 STIKes Yarsi Pontianak, Hendra Priyatnanto, S.Kep.Nes, dirinya mengatakan banyak rangkaian perayaan Milad STIKes Yarsi Pontianak yang salah satunya adalah Donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pontianak.

“Ini kami lakukan sebagai upaya kepedulian STIKes Yarsi Pontianak di bidang kemanusiaan, karena disaat ini PMI sangat kekurangan Stok darah, informasi yang kami terima setiap hari PMI memerlukan 200 Kantong darah, sementara PMI hanya mampu maksimal 50 kantong perharinya,” ujar Hendra.

Berdasarkan hal itulah dirinya bersama Civitas Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak kemudian melakukan penggalangan Donor darah yang dirangkaikan dengan Perayaan Milad Ke-37 ini.

“Selain pada perayaan Milad seperti ini, kami juga rutin melakukan donor darah baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat yang ada disekitar STIKes Yarsi ini untuk gemar menolong sesama melalui donor darah,” tambah Hendra.

Hendra menambahkan pada Perayaan Milad ke-37 STIKes Yarsi Pontianak, selain melaksanakan donor darah, direncakana pada hari Sabtu (27/03) mendatang juga akan melaksanakan Khitanan Massal untuk masyarakat Pontianak.

“Yang sudah terdaftar ada 45 anak yang akan ikuti Sunatan massal nanti, selain gratis peserta juga akan kami berikan bingkisan sebagai kado Milad STIKes Yarsi Ke-37 ini,” jelas Hendra.

Hendra berharap dengan serangkaian kegiatan pada Milad STIKes Yarsi ini bisa menyemangati Seluruh Mahasiswa dan Civitas Akademik Yarsi Pontianak dan mempererat silahturahmi serta mendapat dukungan masyarakat.

Ditempat yang sama Perawat On Call PMI Kota Pontianak, L Dihadika, S.Kep, Nes mengapresiasi kegiatan STIKes Yarsi Pontianak yang ikut serta dalam upaya memenuhi kebutuhan Stok darah di PMI Pontianak, karena memang sangat diperlukan.

“Peran serta masyarakat atau lembaga seperti yang dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Pontianak ini sangat diperlukan, karena memang saat ini kami sangat kekurangan stok darah, dari 200 kantong darah perhari yang kita perlukan baru 50 kantong saja yang mampu kita penuhi,” terangnya.

L Dihadika, S.Kep, Nes berharap masyarakat serta instansi atau lembaga lain mau juga ikut membantu PMI untuk melakukan donor darah untuk memenuhi kebutuhan beberapa rumah sakit yang memerlukan darah apalagi di masa pandemi covid-19 ini.

“Kami sampaikan kepada masyarakat untuk tidak takut melakukan donor darah di masa pandemi ini, karena sebelum melaksanakan donor juga akan di observasi kesiapan pendonor apakah bisa atau tidak menjadi pendonor,” tambahnya.

L Dihadika, S.Kep, Nes mengatakan target Donor darah di STIKes Yarsi Pontianak kali ini sebanyak 60 pendonor dan hal ini adalah upaya terbaik dari STIKes Yarsi Pontianak, Dirinya berharap hal seperti ini terus dilakukan sebagai bagian dari kepedulian terhadap sesama. (bian).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini