-->

BREAKING NEWS

KABAR DUKA , IBUNDA GUBERNUR KALBAR,H SUTARMIDJI, SH, M.Hum DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI, SABTU (17 APRIL 2021), ANDA INGIN TAHU TENTANG RUMAH SAKIT YARSI PONTIANAK, ATAU INGIN KULIAH DI STIKes YARSI PONTIANAK ATAU AKADEMI FARMASI YARSI PONTIANAK, SILAHKAN HUBUNGI HUMAS YARSI PONTIANAK DI 085654007001 ATAU HUBUNGI KALBARNEWS.CO.ID, BERHATI-HATILAH PENGGUNA JALAN KHUSUS SEPEDA MOTOR DI JEMBATAN KAPUAS 1, KARENA CUACA GERIMIS DI KABARKAN ADA PENGENDARA KENDARAAN RODA DUA YANG TERJATUH KARENA LICIN AKIBAT HUJAN, KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TETAPKAN AWAL RAMADHAN 1442 H JATUH PADA : SELASA (13 APRIL 2021) SETELAH LAKUKAN SIDANG ISBAT YANG DI HADIRI TOKOH AGAMA DAN ORGANISASI KEAGAMAAN, NU SERTA MUHAMADIYAH, GEMPA YANG MELANDA MASYARAKAT DI WILAYAH JAWA TIMUR YANG DIRASAKAN DI BEBERAPA DAERAH MENYISAKAN TRAUMA MASYARAKAT, KEBAKARAN MELANDA KOMPLEK RUMAH DINAS POLDA KALBAR DI JALAN SUBARKAH PONTIANAK KALIMANTAN BARAT, SEJUMLAH PEMADAM KEBAKARAN BERJIBAKU MEMADAMKAN KEBAKARAN TERSEBUT, KEJADIAN SEKIRA 14;00 WIB, SENIN (05/04/2021), JALAN TRANS KALIMANTAN MEMAKAN KORBAN LAGI, SEORANG PENGGUNA JALAN TEWAS SETELAH ALAMI KECELAKAAN PERSIS DI DEPAN INDOMART DESA JAWA TENGAH KM 17,5 KORBAN TEWAS TERTABRAK TRUCK TRONTON DARI ARAH BERLAWANAN, DARI IDENTITAS DITEMUKAN KORBAN BERNAMA DANIEL ANWAR WARGA DUSUN KERAMAT 1 DESA KUALA DUA KEC SUNGAI RAYA KAB KUBU RAYA, MINGGU (04/04/2021), A.M NASIR, SH SECARA AKLAMASI TERPILIH SEBAGAI KETUA DEWAN PENGURUS WILAYAH (DPW) PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) KALIMANTAN BARAT, DIDUGA TERORIS SERANG MABES POLRI GUNAKAN SENJATA API JENIS PISTOL, TERDUGA TEROSRIS TERSEBUT DAPAT DILUMPUHKAN POLISI, SAAT INI POLISI SEDANG DALAMI KASUS INI, HARI INI, RABU (31 MARET 2021) SEJUMLAH WARTAWAN YANG BERTUGAS DI KABUPATEN KUBU RAYA LAKUKAN VAKSIN TAHAP KEDUA DI AULA KANTOR BUPATI KUBU RAYA JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, HARI INI, SELASA (30/03/2021) PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA MELALUI DINAS KESEHATAN AKAN LAKUKAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KEDUA UNTUK TENAGA PENDIDIK DAN ASN DI AULA KANTOR BUPATI JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, GEREJA KATEDRAL DI MAKASAR DIKABARKAN TERJADI LEDAKAN DIPERKIRAKAN BOM , SAAT INI SEDANG DALAM PENDALAMAN APARAT KEAMANAN, JELANG KEPULANGAN SANTRI-SANTRIWATI DALAM RANGKA LIBUR BULAN PUASA DAN MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT AKAN FASILITASI TEST SWAP GRATIS, WAKIL BUPATI HADIRI PANEN PADI PERDANA WARGA BINAAN LAPAS PEREMPUAN KELAS II A PONTIANAK DI KEC SUNGAI KAKAP KAB KUBU RAYA

Sekda Kalbar: Forum Perangkat Daerah Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Harus Punya Data Akurat

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, A.L. Leysandri, S.H., membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Perumahan dan Kawasan Pemukiman Tahun 2021, di Aula Ballroom Hotel Mercure Pontianak, Selasa (23/03/2021). 

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan kehadiran seluruh peserta dalam forum ini untuk merancang pelaksanaan suatu program kebijakan yang harus sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Perumusan kebijakan tersebut harus diformulasikan dengan baik.

"Berkaitan dengan pengembangan kebijakan tentang perbaikan perubahan di Dinas Perkim ini, tentunya kabupaten dan kota juga harus mampu membuat data. Sampai saat ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah menghimpun data, baik dari kabupaten dan kota berjumlah sekitar 217.745 lebih untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan ini menjadi perhatian yang khusus bagi kita semua," ujarnya.

Ditambahkannya, peran Dinas Perkim yang memiliki balai dinilai mampu mengakumulasikan masing-masing data. Saat ini, kata Sekda, pemerintah tidak bisa berbicara tanpa data.

"Kita tidak bisa lagi bicara seperti zaman dulu, karena semuanya harus berdasarkan data. Dengan data itulah kita bisa anggarkan yang selanjutnya akan melahirkan kebijakan," tegas dia.


Oleh karena itu, Sekda mengatakan pertemuan Forum Perangkat Daerah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman sudah tidak lagi berbicara hal lampau. Dia meminta perlu membuat lompatan berbasis data supaya bisa terus maju dan berinovasi, terutama jika berbicara mengenai pengelolaan sampah.

"Tentunya ini harus kita kelola dengan baik, karena Pak Gubernur pada tahun lalu sudah berpesan kepada kabupaten dan kota, agar lebih paham dalam menangani pengelolaan sampah ini," ujarnya mengingatkan.

Sekda mengatakan bahwa dia pernah mendengar Gubernur menawarkan ke Kabupaten Kubu Raya untuk pengelolaan air bersih. Hal ini memang menjadi perhatian pemerintah provinsi untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat.

"Kabupaten Kubu Raya saat ini menerima bantuan dari pusat soal pengelolaan air bersih. Tentu hal ini harus dikoneksikan dengan kota," terangnya.

Dia berharap, pemerintah pusat bisa memberikan bantuan pengelolaan air bersih kepada pemerintah daerah lainnya di Kalbar yang cakupan wilayahnya cukup berdekatan. Sekda mencontohkan pengelolaan air bersih yang bisa saling terkoneksi seperti Sanggau dengan Sekadau, Bengkayang dan Sambas, serta Sintang dengan Melawi.

"Saya minta, baik kabupaten maupun kota, ketika ada bantuan dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat terkait dengan rumah, untuk ditelusurilah. Sehingga kita tahu nih, bahwa proyek atau nilai suatu kegiatan di daerah dan itulah data yang dibutuhkan saat ini," paparnya.

Di akhir sambutan, Sekda mengingatkan agar data yang harus dimiliki oleh dinas adalah hasil penelusuran dan pengumpulan data di lapangan, sehingga di masa depan apabila ada bantuan dapat dilihat kembali.

"Ini yang kadang-kadang selalu diingatkan oleh Gubernur untuk selalu bekerja dengan data," tutupnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini