Ketua TP PKK Provinsi Ajak Berdayakan Teknologi Tepat Guna dan Informasi Pasarkan Produk Pertanian

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, mengajak pengurus dan kader PKK untuk mengkampanyekan pendayagunaan teknologi tepat guna dan teknologi informasi untuk mendukung produksi dan pemasaran pertanian di kalangan anak muda.

Hal tersebut sesuai tema kegiatan Seminar Daring, yaitu Keluarga Berdaya ala Petani Milenial di Era Pandemi Covid-19, Kegiatan Seminar Daring diikuti Ketua TP PKK Provinsi Kalbar bersama pengurus di Sekretariat TP PKK Provinsi Kalbar, Jalan Letjen Sutoyo Pontianak.

Kegiatan ini diisi oleh tiga narasumber, Dr. Ida Widi Arsanti, S.P., M.P., Sandi Okta Susila, dan Riza Azramarida. Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Dr. Yusharto Kuntoyungo, M.Pd. membuka secara resmi kegiatan yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK, baik provinsi maupun kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Usai kegiatan, Ny. Hj. Lismaryani memaparkan tujuan dari kegiatan seminar daring ini adalah untuk meningkatkan kapasitas tim penggerak dan kader PKK, serta masyarakat dalam upaya ketahanan pangan keluarga, maupun menghadapi masa pandemi Covid-19. "Ketahanan pangan yang sering digaungkan oleh PKK melalui gerakan halaman asri teratur indah nyaman, atau HATINYA PKK pada masa pandemi ini dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat. Sebagian kebutuhan pangan keluarga dapat terpenuhi dan bahkan dapat membantu tambahan penghasilan," papar dia.

Ny. Hj. Lismaryani mengatakan selama masa pandemi Covid-19 TP PKK Provinsi Kalbar telah memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat serta melaksanakan kegiatan Gebrak Masker di seluruh wilayah Kalbar bersama TP PKK Kabupaten/Kota. Selain itu, kata dia, kader PKK juga aktif berkontribusi dalam penguatan ketahanan pangan.

"Mari manfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita dengan mendayagunakan teknologi tepat guna dan teknologi informasi untuk mendukung produksi dan pemasarannya," ajak wanita nomor satu di Kalbar ini.

Ditambahkannya, tugas penting PKK yaitu menggerakkan masyarakat luas, khususnya generasi muda, untuk berkontribusi dalam upaya ketahanan pangan keluarga. Dalam skop kecil, tutur Ny. Hj. Lismaryani, PKK mendukung pemanfaatan halaman rumah untuk dijadikan lumbung hidup, warung hidup, dan sebagai apotek hidup.

"Untuk skop yang lebih besar, PKK mendorong generasi muda untuk berkecimpung lebih luas di bidang pertanian yang saat ini sedang tren dengan adanya petani milenial. Jiwa-jiwa petani milenial seperti ini yang perlu direplikasi sebanyak mungkin dengan melibatkan peran PKK," ujarnya antusias.

Melalui 10 Program Pokok PKK, setiap kader PKK aktif mendukung pembangunan di seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara di masa pandemi Covid-19. Ny. Hj. Lismaryani mengatakan PKK telah menorehkan eksistensinya melalui berbagai upaya dan kegiatan untuk mencegah dan menanggulangi Covid-19 di seluruh wilayah Kalbar. Sejak awal pandemi, kader PKK bekerja sama dengan berbagai pihak aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan Gerakan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan menjauhi kerumunan.

"Semoga sinergi baik ini dapat memberikan hasil yang baik ke depannya. Semoga kegiatan seminar daring ini dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan pengurus dan kader PKK, serta masyarakat umum, khusunya kaum muda, dalam rangka penguatan pertanian melalui smart farming dengan menggunakan teknologi informasi," tutup Ny. Hj. Lismaryani. (tim liputan).

Editor : Taufik

 

Share:
Komentar

Berita Terkini