Lasarus : Banyak Insfrastruktur Kalbar Yang Harus Diperbaiki

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SANGGAU) - Luasnya wilayah Kalimantan Barat menjadi pekerjaan berat untuk pembangunan segala aspek khususnya infrastruktur seperti jalan, jembatan dan dermaga.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi V DPR RI yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Lasarus mengatakan Infrastruktur Jalan, Jembatan dan Dermaga di wilyah ini harus menjadi proritas pembangunan namun menurut BPTD wilayah 14 Kalbar selalu mendapat jatah anggaran terbesar dibanding daerah lain di Kalimantan.

Kalimantan Barat yang memiliki 14 Kabupaten dan Kota dan dilintasi jarak yang beragam serta memiliki wilayah yang cukup luas, tidak jarang masih ditemui sejumlah infrastruktur yang rusak.

"Memang  pembangunan infrastruktur tersebut tidak bisa dilakukan secara instan dan mudah, namun kami setiap tahun terus berupaya menganggarkan untuk pembangunan di Kalimantan Barat ini," jelas Lasarus.

Lasarus menjelaskan jika jalan yang rusak banyak terdapat pada jalan Kabupaten dan Provinsi, maka dari itu dalam waktu dekat ini Komisi V tengah merevisi undang-undang No 38 terkait jalan, yakni APBN bisa diperuntukan guna membangun jalan Provinsi dan Kabupaten.

"Dengan Revisi Undang-undang tersebut, kami akan dapat membantu menyelesaikan permasalahan kerusakan jalan yang masih menjadi polemik masyarakat," tuturnya.

Sementara itu Kepala BPTD Wilayah 14 Kalimantan Barat, Syamsudin mengatakan pertumbuhan pembangunan Infrastruktur di Kalimantan Barat sudah cukup maju dibanding provinsi lain.

Hal ini dapat dilihat dari jatah anggaran yang didapat selalu lebih besar dari provinsi lain khususnya untuk di Wilayah Kalimantan, namun semua butuh proses dalam pemerataan pembangunan.

"Sejumlah infrastruktur juga telah dipersiapkan dan dibangun di sejumlah daerah yang ditunjuk," pungkas Syamsudin. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini