Bupati Dan Wakil Bupati Kubu Raya Ikuti Musrembang Di Kecamatan Rasau Jaya

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Bupati Muda Mahendrawan didampingi Wakil Bupati Sujiwo membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Rasau Jaya di Aula Kantor Camat Rasau Jaya, Kamis (04/02/2021).

Muda Mahendrawan mengatakan musrenbang merupakan upaya untuk merumuskan dan mengidentifikasi bersama segala persoalan. Kemudian sama-sama meramu solusi dari persoalan tersebut.

“Di manapun kabupaten dan kota, sumber dayanya pasti tidak akan cukup. Karena semuanya pasti terbatas, tidak bisa disulap, harus bertahap. Namun bertahapnya harus tepat,” kata Muda Mahendarawan.

Menurut Muda, pelaksanaan musrenbang selain untuk meramu solusi dari berbagai persoalan, juga bertujuan untuk menyusun strategi. Menyusun jurus jitu dalam menghadapi berbagai persoalan dengan langkah yang cepat, tepat, dan produktif.

“Fungsi utama hadirnya pemerintah adalah menggerakkan seluruh masyarakat. Rasau Jaya sebagai bagian dari Kubu Raya yang letaknya cukup strategis, yang luasnya sedikit lebih luas dari Kota Pontianak, sehingga dalam hal pembangunan tidak bisa jadi pembanding,” kata Muda.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berjuang keras untuk mengalokasikan pembangunan dengan cepat dan berkeadilan. Sebab Kubu Raya memiliki wilayah yang sangat luas. Sehingga harus diramu dengan maksimal. Dirinya mengungkapkan di tahun ketiga RPJM Kubu Raya, pemerintah daerah lebih fokus pada peningkatan daya saing sekaligus memperkuat pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

“Pertumbuhan ekonomi berkualitas maksudnya, pertumbuhan ekonomi tidak hanya untuk kalangan tertentu tapi pertumbuhan ekonomi yang bisa terdistribusi secara berkeadilan kepada seluruh masyarakat,” katanya.

Dia menegaskan, pertumbuhan ekonomi berkualitas itulah yang harus dikejar sebagai bagian dari upaya dalam merancang pembangunan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Suharso mengatakan musrenbang merupakan keharusan dalam upaya mensinkronkan harapan masyarakat dengan program maupun visi dan misi pemerintah. DPRD, kata Suharso, memastikan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui visi dan misi terus berupaya memberikan rasa keadilan kepada seluruh kecamatan di Kubu Raya dalam pembagian porsi pembangunan.

“Namun juga perlu kita pahami bersama, keuangan kita juga terbatas. Jadi jangan berkecil hati jika apa yang menjadi harapan masyarakat belum bisa sepenuhnya terealisasi. Namun kita akan berupaya untuk meningkatkan terus pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi bisa kita jaga, sehingga dengan kewenangan yang ada kita mampu membiayai kebutuhan kabupaten kita sendiri,” katanya. (jk/tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini