Sujiwo: Pesantren di Kubu Raya Jadi Pilihan Utama

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengaku optimis pondok-pondok pesantren di Kubu Raya bisa menjadi pilihan utama bagi para orang tua dalam menyekolahkan anak-anaknya. Optimisme itu disampaikan Sujiwo ketika memberi sambutan pada Rapat Kerja I Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Kubu Raya, Senin (28/12/2020).

"Memajukan pesantren perlu kesabaran, kegigihan dan kerja keras, apalagi di pesantren yang lokasinya jauh dan terpencil. Itu adalah tantangan bagi saya dan bagi kita semua. Saya optimis, dengan apa yang telah kita rintis dan dengan segenap kemampuan yang saya miliki, pesantren-pesantren kita akan jadi sekolah utama bagi para orang tua yang hendak menyekolahkan anak-anaknya," kata Sujiwo di Pondok Pesantren Darul Fikri, Desa Sungai Belidak, Kecamatan Sungai Kakap.

Sujiwo menyadari, bukan perkara mudah menjadikan pesantren sebagai pilihan utama. Butuh komitmen dan kegigihan dari banyak pihak agar lembaga pendidikan Islam tersebut betul-betul jadi pilihan pertama bagi para orang tua.

Meski tidak mudah, Sujiwo tetap yakin suatu saat kualitas pendidikan pesantren-pesantren di Kubu Raya akan setara bahkan melampaui sekolah-sekolah favorit yang ada di wilayah perkotaan. Ia yakin karena rentetan usahanya dalam memajukan pesantren selama beberapa waktu belakangan sudah mendatangkan hasil yang cukup menggembirakan.

"Sepenuhnya saya yakin, insyaallah pesantren-pesantren kita akan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan yang ada di kota. Saya yakin karena segala usaha yang saya upayakan untuk memajukan pesantren alhamdulillah sudah membuahkan hasil, seperti pembangunan rumah susun, bantuan sosial dari pemerintah kabupaten dan provinsi, sanitasi, program pemberdayaan santri melalui budidaya lele dan pelatihan menjahit, serta masih banyak lagi program-program lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Kubu Raya ini menyatakan bahwa kemajuan pondok pesantren hanya bisa diraih jika para pimpinan pesantren yang tergabung di dalam FKPP memiliki kesamaan visi. Karenanya, Ia mengharapkan seluruh pengurus FKPP betul-betul bisa menjaga kekompakan yang selama ini terjalin sangat baik demi terciptanya akselerasi kemajuan pesantren di Kubu Raya.

"Atas nama pemerintah, saya menyampaikan selamat atas dilaksanakannya Rapat Kerja I FKPP Kubu Raya. Semoga rapat yang dilangsungkan dengan penuh kesederhanaan inj dapat menghasilkan rumusan dan rekomendasi yang bermanfaat bagi kemajuan pesantren, bagi percepatan pembangunan di Kubu Raya dan bagi kemaslahatan umat," tutupnya.

Rapat Kerja I FKPP Kubu Raya dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya Nahruji Sudiman. Tampak hadir pula pada agenda tersebut Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Barat Hasyim Hadrawi.(tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini