-->

BREAKING NEWS

KEPALA DESA RADAK DUA KEC TERENTANG, DARYANTO DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA TADI MALAM , JUMAT (22/01/2021) DI RUMAH SAKIT UNTAN PONTIANAK, HARI INI, SABTU (16/01/2021) DUA JENAZAH KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182 DIJADWALKAN AKN DIPULANGKAN KE KALBAR MELALUI PENERBANGAN JAKARTA -PONTIANAK DAN AKAN DITERIMA KELUARGA DI BANDARA SUPADIO KUBU RAYA, ULAMA KHARISMATIK, SYEKH ALI JABER DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA PAGI INI DI RS YARSI HARI INI, KAMIS (14/01/2021) SEKITAR PUKUL 08:30 WIB, HARI INI, KAMIS (14/01/2021) DINAS KESEHATAN KAB KUBU RAYA AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 PERDANA DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN KEC SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA, DUA PESAWAT GAGAL MENDARAT DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK AKIBAT CUACA BURUK, DUA PESAWAT TERSEBUT ADALAH LION AIR DAN GARUDA AIR, LION MENDARAT KE BANDARA BATAM DAN GARUDA KE BANDARA PALEMBANG, SEJUMLAH ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DARI 4 KECAMATAN DI KABUPATEN KUBU RAYA MENGIKUTI PEMBEKALAN PASCA PRA PELANTIKAN YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA KAMIS (14/01/2021), POSISIJATUHNYAPESAWAT SRIWIJAYA SJ 182 SUDAH DITEMUKAN, LASARUS MINTA SEMUA PIHAK NANTIKAN KETERANGAN DARI KNKT, DAN TIDAK BERSEPEKULASI TERKAIT MUSIBAH INI, JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR PENERBANGAN DARI JAKARTA MENUJU PONTIANAK MENJADI KABAR DUKA MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT, BANYAK WARGA KEMUDIAN MENCARI KABAR KELUARGANYA YANG MELALUKAN PENERBANGAN SAAT ITU, PCNUKAB KUBU RAYA SERAHKAN BANTUAN KEPADA 30 PONDOK PESANTREN, BANTUAN BERUPA MASKER,HANDSINITIZER, DISINFEKTAN,TANGKI SEMPROTAN DISINFEKTAN DAN VITAMIN YANG DIPERUNTUKKAN SANTRI SANTRIWATI, PARATKEAMANAN KAWAL KETAT KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 DI KALIMANTAN BARAT HARI INI, SELASA (05/01/2021), POLDA KALBAR TURUNKAN KENDARAAN TAKTIS GUNA KAWAL KENDARAAN PENGANGKUT VAKSIN YANG AKAN DI BERIKAN KEPADA MASYARAKAT KALBAR, MAPOLSEKTERENTANG DIKABARKAN LUDES TERBAKAR DINI HARI TADI, SELASA (05/01/2021) SEKIRA PUKUL 03:00 WIB, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA TETAPI WARGA DIPERKIRAKAN AKIBAT KONSLETING LISTRIK,

Prihatin Maraknya Anak Di Bawah Umur Terjerat Prostitusi Online, PC IPNU dan IPPNU Kubu Raya Lakukan Ini

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kubu Raya merasa prihatin dengan maraknya anak di bawah umur terjerat prostitusi online yang terungkap beberapa waktu yang lalu di Kalimantan Barat.

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Haul Gusdur yang diisi dengan Tahlil serta pelatihan jurnalistik yang diikuti pengurus serta pelajar di Kabupaten Kubu Raya yang dilaksanakan di Café Aini Jl Trans Kalimantan Sungai Ambawang Kab kubu Raya.

Usia remaja merupakan usia dimana seseorang tengah mencari jatidiri dan penuh rasa ingin tahu. Jika terjebak pada perkara yang salah, maka akan mengancam masa depan mereka, apalagi sampai terjerat hukum. Merujuk data yang dirilis Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak (KPAD) Kalbar sejak januari 2020 lalu, sebanyak 500 anak di bawah umur diduga terlibat prostitusi online.

Merespon kasus tersebut, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kubu Raya menaruh perhatian serius dengan mengambil tindakan berupa dukungannya terhadap kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang dilakukan oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU dan IPPNU) Kuburaya.

Dikatakannya, sistem belajar daring  membuat aktifitas anak–anak sebagian besar terpaku dengan bermain smartphone. Tanpa pengawasan ketat orangtua, akan sangat mudah mereka terpengaruh  hal–hal negatif.

“Akibat tidak ada aktifitas belajar–mengajar di sekolah, sementara handphone di genggaman. Informasi dengan cepat menyebar luas, termasuk perkara prostitusi online ini, sehingga mereka mudah terpengaruh lalu terjerat”, ungkap Edi Suhairul, Sekretaris PCNU Kubu Raya.

Sebab itu diperlukan upaya kreatif anak muda IPNU dan IPPNU Kubu Raya untuk terus mengadakan kegiatan kreatif dantaranya mengadakan Pelatihan Jurnalistik ini.

“Kita perlu bekerjasama saling membantu agar prostitusi online tidak menimpa keluarga dan anak – anak kita. Dengan begitu, potensi positif mereka dapat dikembangkan tentunya di bidang jurnalistik, entah itu berupa video, cetak, maupun online,” Demikian dia.

Sementara itu Ketua PC IPNU Kab Kubu Raya, Ulil Abshor mengaku sedang merancang program kegiatan yang akan mendorong Pelajar untuk melakukan kegiatan bersifat positif dan membuka wawasan salah satunya adalah kegiatan jurnalistik yang dilakukan IPNU dan IPPNU bekerja sama dengan Gusdurian dan Jaringan Media Online Seluruh Indonesia (JMSI) Kalbar.

“Kami Prihatin dengan maraknya anak usia dini yang terjerat hal-hal negative oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut kami laksanakan kegiatan ini, Alhamdulillah di Kab Kubu Raya tidak terdampak hal negative tersebut,” jelas Ulil.

Ulil mengatakan berikutnya Pihaknya akan melakukan kegiatan yang menggandeng KPAD Kubu Raya, Sekolah, Pondok Pesantren dan Instansi terkait untuk lakukan kegiatan yang sifatnya mengantisifasi pengaruh buruk Gadget dan Internet tak sehat khususnya di kalangan Pelajar. (dyp).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini