Lestarikan Alam Borneo, Satgas Yonif 407/PK Bersama KLHK Pontianak Lakukan Ini

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Peduli dengan kelestarian alam, Satgas Pamtas Yonif 407/Padma Kusuma menggelar aksi tanam pohon di Dusun Keburau dan hutan lindung Desa Nanga Bayan, Kecamatan Ketunggau Hulu, Kabupaten Sintang Sabtu (12/12/2020).

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan oleh Pos Pamtas Nanga Bayan bekerja sama dengan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Pontianak serta masyarakat. Dalam kegiatan tersebut mereka menanam bibit pohon di kanan kiri jalan di Dusun Keburau dan hutan lindung Desa Nanga Bayan. Adapun bibit pohon yang ditanam diantaranya bibit pohon petai, mangga, rambutan, durian, langsat, gaharu dan matoa.

Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan di Pos Kotis Nanga Badau mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk melestarikan hutan. Satgas Pamtas dalam hal ini membantu Pemda Kabupaten Sintang serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan program penghijauan.

"Dengan menanami kembali lahan dan hutan dengan pohon, hutan akan menjadi hijau kembali dan kelestarian alam bumi borneo tetap terjaga, serta terpelihara dengan baik keasriannya,” ujar Dansatgas.

Lanjut Dansatgas, penanaman pohon yang dilaksanakan ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memperbaiki lingkungan. Hutan sebagai paru-paru dunia, untuk itu perlu dilestarikan, agar ketersediaan oksigen selalu terjaga bagi mahluk hidup," kata Dansatgas.

Sementara itu Kepala Desa Nanga Bayan, Runa mengatakan, penanaman pohon ini sangat tepat dilakukan, karena sudah banyaknya pohon yang berkurang dihutan. Untuk itu dirinya mengajak masyarakat mendukung kegiatan ini, dengan menambah jumlah tanaman untuk di tanam di hutan.

"Agar gunung-gunung kita dijaga, jangan diganggu, itulah sisa-sisa hutan kita. Hutan dan pohon harus kita jaga dengan benar," tegas Runa. (Sumber : Pendam XII/Tpr/tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini