-->

BREAKING NEWS

ANGGOTA DPD RI DAPIL KALBAR, YANG JUGA KETUA IKBM KALBAR, H SUKIRYANTO HADIRI KEGIATAN UPGREDING MWCNU KECAMATAN KUALA MANDOR B DI PONPES AL-IKHLAS, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR DARI PARTAI GOLKAR, MAMAN ABDURAHMAN, ST MINTA PEMBAKAR LAHAN DAN HUTAN DITINDAK TEGAS, HUJAN MULAI MENGUYUR BEBERAPA WILAYAH DI KABUPATEN KUBU RAYA, SEPERTI DI KECAMATAN RASAU JAYA, KECAMATAN SUNGAI RAYA, KECAMATAN SUNGAI KAKAP DAN KEC SUNGAI AMABAWANG, DANDIM 1207 DAN KAPOLRES KUBU RAYA MENGHIMBAU MASYARAKAT UNTUK TIDAK BAKAR LAHAN APALAGI SAAT KEMARAU SEPERTI SAAT INI, PENGURUS YARSI PONTIANAK MATANGKAN TEKNIS PENGGABUNGAN DUA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DINAUNGI YAYASAN YAITU SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) DAN AKADEMI FARMASI (AKFAR) UNTUK MENJADI UNIVERSITAS YARSI PONTIANAK, DENGAN PENAMBAHAN FAKULTAS HINGGA ENAM FAKULTAS, DPC PARTAI GERINDRA KOTA PONTIANAK BERDUKA, WAKIL KETUA, Drs SY ISKANDAR ALMUNTAHAR, M.Sos YANG JUGA ANGGOTA DPRD KOTA PONTIANAK MENINGGAL DUNIA DI RS PROMEDIKA PONTIANAK, PADA HARI INI, MINGGU (14 PEBRUARI 2021), WARGA SUNGAI JAWI GG NILAM 7 JL PROF DR HAMKA PONTIANAK DIGEGERKAN DENGAN KASUS PEMBUNUHAN, KAMIS 911/02/2021), WARGA SUNGAI RAYA DIGEGERKAN DENGAN PENEMUAN MAYAT DI ATAS PARIT PERSIS DISAMPING MAPOLDA KALBAR, POLRES KUBU RAYA BERHASIL UNGKAP DAN PELAKU PEMBUNUHAN DI DESA MADUSARI KEC SUNGAI RAYA, MOTIF PEMBUNUHAN KARENA UTANG PIUTANG, KETUA KOMISI V DPR RI BERSAMA PERWAKILAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN SERAHKAN SATU UNIT BUS SEKOLAH KEPADA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT, JUMAT (05/02/2021)

Kini Bandara Supadio di Kubu Raya Miliki Posko Layanan Hukum Kejati

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Bandara Internasional Supadio Kubu Raya kini mempunyai Posko Perwakilan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat. Posko yang terletak di Area Kedatangan Bandara Supadio itu diresmikan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Jaya Kesuma pada Selasa (20/10) pagi lalu.

Keberadaan posko menjadi bentuk layanan publik kejaksaan di area publik Bandara Supadio. Sekaligus bentuk pelayanan hukum khususnya kepada masyarakat yang ada di Kubu Raya.

“Ini adalah fasilitas kita baik dalam rangka penegakan hukum maupun pelayanan-pelayanan lainnya,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Jaya Kesuma, seusai peresmian.

Jaya Kesuma mengatakan posko perwakilan siap memberikan layanan konsultasi baik dalam hal penegakan hukum oleh sesama aparat penegak hukum maupun pelayanan hukum secara luas kepada masyarakat. Untuk itu, setiap harinya disiapkan seorang jaksa dan beberapa tenaga pendukung. Sehingga posko perwakilan menjadi representasi kejaksaan yang ada di bandara.

“Sebagai gerbang masuk Kalimantan Barat, tentunya banyak petugas di sini. Ada keimigrasian, bea cukai, kesehatan bandara, dan seterusnya. Jika ada pihak-pihak yang ingin berkonsultasi dalam rangka penegakan hukum maupun pelayanan hukum, kami siapkan di sini. Juga pihak-pihak masyarakat jika ingin menyampaikan pengaduan, laporan, maupun konsultasi hukum kami siapkan pula di sini,” terangnya.

Ia menegaskan Posko Perwakilan Kejaksaan Tinggi merupakan fasilitas pelayanan publik baik ke masyarakat maupun fasilitas konsultasi penegakan hukum ke sesama penegak hukum. Dengan adanya posko, upaya percepatan proses penegakan hukum dapat diwujudkan.

“Bisa saja penyidik penegak hukum imigrasi, bea cukai, Polri berkonsultasi dengan jaksa di sini dalam rangka mempercepat proses penegakan hukum. Jadi tidak lagi ada istilah lambat,” ujarnya.

Jaya Kesuma optimistis peningkatan pelayanan publik tersebut pada akhirnya akan ikut meningkatkan perekonomian daerah. Keberadaan posko, menurut dia, sangat strategis bagi pemerintah daerah dan kejaksaan dalam melakukan penegakan hukum dan pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Inilah salah satu cara kita juga mengatasi belum adanya kejaksaan negeri di Kubu Raya,” tambahnya.

Terkait progres pembentukan kejaksaan negeri di Kabupaten Kubu Raya, ia mengungkapkan saat ini pihaknya tengah merintis upaya tersebut. Dirinya berharap pada 2021 mendatang Presiden Joko Widodo menyetujui permohonan terkait pembentukan kejaksaan negeri baru di wilayah hukum Kubu Raya.

“Kita konsultasi dengan pemda. Karena pembentukan kejaksaan negeri ini juga membutuhkan fasilitas-fasilitas lain seperti tanah, anggaran, dan yang lebih penting adalah personel. Nah, ini kita sedang dalam proses,” jelasnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menilai posko perwakilan kejaksaan di bandara sebagai terobosan penting. Sebab dapat mendekatkan pelayanan kepada mereka yang membutuhkan.

“Ini kan seperti jangkarnya kejaksaan yang ada di sini. Nah, orang kalau mau berangkat mungkin dia ada persoalan dan perlu konsultasi juga bisa kesini. Ini kan luar biasa,” pujinya.

Muda mengatakan adanya posko juga sangat membantu dalam merespons berbagai masalah antar-daerah yang membutuhkan penanganan terintegrasi. Sebab posko diisi personel penegak hukum dan para pendukungnya.

“Ada integrasi di dalam informasi dan sebagainya. Berarti akan sangat cepat. Tidak lagi ribet,” sebutnya.

Adanya posko kejaksaan di bandara menurutnya sangat membantu memenuhi pelayanan publik dalam hal hukum kepada masyarakat. Sekaligus meringankan bagi Kejaksaan Negeri Mempawah untuk memberikan pelayanan konsultasi dan lainnya.

“Jadi intinya ini terobosan pelayanan yang mendekatkan dan semakin mendarat ke sasaran,” tegasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini