PCNU dan LAZISNU Kabupaten Melawi Bantu Warga Korban Banjir

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (MELAWI) - Curah hujan yang tinggi membuat Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat kembali direndam banjir yang cukup dalam. Banjir kali ini merupakan banjir besar kedua yang terjadi di tahun 2020 dan banjir terparah yang terjadi dalam 12 tahun terakhir, Jumat (18/9/2020)

 

Disamping merendam hampir 90% wilayah Kabupaten Melawi, banjir kali ini juga memutus akses jalan poros Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sintang, bahkan merendam jalan protokol kota Nanga Pinoh dengan ketinggian air rata-rata diatas 1 meter.

 

Melihat parahnya kondisi banjir tersebut, dibawah koordinasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Melawi, dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Nahdlatul Ulama (LazisNU) Kabupaten Melawi  segera mengadakan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

 

PCNU Melawi mendistribusikan bantuan berupa makanan siap saji kerumah-rumah warga korban banjir yang sedang terisolir dirumahnya.

 

Menurut M. Yusuf, Ketua Lazis NU Kabupaten Melawi yang juga koordinator aksi saat ini masyarakat lebih membutuhkan makanan siap saji atau nasi bungkus dari pada bantuan bahan sembako, dan lain-lain. Sebab banjir besar kali ini ikut merendam peralatan masak warga, sehingga mereka tidak bisa memasak makanan.

 

"Menurut keterangan yang kami dapatkan, banjir kali ini cukup parah, banyak peralatan masak masyarakat yang ikut direndam banjir, sehingga mereka tidak bisa memasak makanan, jadi lebih baik kita memberikan bantuan makanan siap saji" , papar M. Yusuf.

 

Oleh karena itu, PC.NU Melawi berinisiatif untuk membantu masyarakat korban banjir berupa makanan siap saji atau nasi bungkus yang diantar langsung kerumah-rumah warga, lanjutnya.

 

Dibantu oleh Ansor dan Banser Melawi bantuan makanan siap saji PC.NU Melawi diantar ke rumah-rumah warga yang masih bermukim di rumahnya dan menjadi korban banjir dengan menggunakan perahu tambang. (Sukarno/Maulida).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini