-->

BREAKING NEWS

TERIMA KASIH TELAH MENGIKUTI INFORMASI DARI KAMI DI WWW.KALBARNEWS.CO.ID, MERASA DIRUGIKAN PT SULTAN RAFLI MANDIRI LAPORKAN OTAK KERUSUHAN AKSI UNJUK RASA BEBERAPA WAKTU YANG LALU DI KETAPANG, DUA ANGGOTA DPRD KAB KUBU RAYA DAN SATU TENAGA KONTRAK DI SEKRETARIAT DPRD KAB KUBU RAYA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, SEMENTARA AKTIFITAS DI SEKRETARIAT DITUTUP SELAMA 7 HARI, APARAT KEPOLISIAN TERUS USUT DAN KEJAR PELAKU PEMBUNUHAN IBU DAN ANAK DI PONTIANAK TIMUR KALIMANTAN BARAT,  

Sujiwo Apresiasi Berdirinya Sekolah Adat di Kubu Raya, Ini Ungkapanya

Redaksi author photo
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo bersama Sekjen MADN, Yakobus Kumis dan Kepala Kemenhan Kalbar lakukan kunjungan ke Rumah Adat Dayak atau Rumah Betang Lingga yang terletak di Jl Trans Kalimantan Kec Sungai Ambawang, Senin (24/08/2020).

Kedatangan Sujiwo bersama rombongan di sambut oleh Timanggung dan Masyarakat Adat serta  Pengurus Sekolah Adat Dayak di Sungai Ambawang.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Kubu Raya ini mengapresiasi masyarakat Sungai Ambawang yan terus menjaga adat serta budaya sehingga adat serta budaya bisa terwarisi anak cucu serta keturunan masyarakat sungai ambawang.

“Ini suatu hal yang luar biasa kepedulian masyarakat dalam merawat serta menjaga kelestarian Adat sehingga anak-anak muda bisa melanjutkan serta melestarikan adat budaya mereka,” ungkapnya.

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyatakan komitmennya dalam melesatrikan Adat Budaya dan kearifan lokal dan dirinya mengapresiasi inisiasi warga yang telah membentuk Sekolah adat sebagai upaya Pelestarian Adat melalui pendidikan di Sekolah Adat.

“Pemerintah harus hadir dalam upaya pelestarian adat serta budaya yang digagas masyarakat seperti didaerah ini, saya secara pribadi akan memfasilitasi Legalitas dari Sekolah Adat di Sungai Ambawang ini,” terangnya.

Selanjutnya pengurus sekolah adat didorong untuk melakukan kelengkapan administrasi sekolah adat ini agar bisa mendapatkan perhatian pemerintah lebih lanjut.

Selain Sekolah Adat ini Sujiwo juga mengatakan akan berupaya menjadikan rumah adat di sungai ambawang ini menjadi perhatian pemerintah daerah.

“Pemerintah daerah harus memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal seperti yang tercermin di Rumah Adat ini, ini adalah merupakan juga aset yang harus dirawat dan dilestarikan, InsyaAllah saya akan berupaya memberikan perhatian untuk hal ini,” ungkapnya.

Sementara itu Sekjen Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) Yakobus Kumis memuji perhatian khusus Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo terhadap pelestarian Adat Budaya melalui Sekolah Adat yang ada di Sungai Ambawang.

“Saya Bangga terhadap Wakil Bupati Kubu Raya ini, beliau begitu perhatian terhadap pelestarian Adat budaya, karena sebenarnya semua kita ini sangat perlu tahu adat serta budaya sebab semua manusia itu harus beradat serta berbudaya,” ungkap Yakobus Kumis.

Yakobus Kumis berharap kedepanya banyak tokoh masyarakat seperti Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo yang mau peduli dengan pelestarian adat serta budaya agar tidak punah dan hilang.

Yakobus Kumis juga berharap dengan adanya sekolah adat ini sebagai tempat penumbuh kembangan nilai-nilai kearifan lokal melalui pendidikan seperti yang digagas di Sekolah Adat di Sungai Ambawang.

Selain lakukan kunjungan Wakil Bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat yang datang dalam kunjungan Wakil Bupati Kubu Raya itu. (ej).

Editor : Aan
Komentar Anda

Berita Terkini