-->

BREAKING NEWS

ANDA INGIN TAHU TENTANG RUMAH SAKIT YARSI PONTIANAK, ATAU INGIN KULIAH DI STIKes YARSI PONTIANAK ATAU AKADEMI FARMASI YARSI PONTIANAK, SILAHKAN HUBUNGI HUMAS YARSI PONTIANAK DI 085654007001 ATAU HUBUNGI KALBARNEWS.CO.ID, BERHATI-HATILAH PENGGUNA JALAN KHUSUS SEPEDA MOTOR DI JEMBATAN KAPUAS 1, KARENA CUACA GERIMIS DI KABARKAN ADA PENGENDARA KENDARAAN RODA DUA YANG TERJATUH KARENA LICIN AKIBAT HUJAN, KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TETAPKAN AWAL RAMADHAN 1442 H JATUH PADA : SELASA (13 APRIL 2021) SETELAH LAKUKAN SIDANG ISBAT YANG DI HADIRI TOKOH AGAMA DAN ORGANISASI KEAGAMAAN, NU SERTA MUHAMADIYAH, GEMPA YANG MELANDA MASYARAKAT DI WILAYAH JAWA TIMUR YANG DIRASAKAN DI BEBERAPA DAERAH MENYISAKAN TRAUMA MASYARAKAT, KEBAKARAN MELANDA KOMPLEK RUMAH DINAS POLDA KALBAR DI JALAN SUBARKAH PONTIANAK KALIMANTAN BARAT, SEJUMLAH PEMADAM KEBAKARAN BERJIBAKU MEMADAMKAN KEBAKARAN TERSEBUT, KEJADIAN SEKIRA 14;00 WIB, SENIN (05/04/2021), JALAN TRANS KALIMANTAN MEMAKAN KORBAN LAGI, SEORANG PENGGUNA JALAN TEWAS SETELAH ALAMI KECELAKAAN PERSIS DI DEPAN INDOMART DESA JAWA TENGAH KM 17,5 KORBAN TEWAS TERTABRAK TRUCK TRONTON DARI ARAH BERLAWANAN, DARI IDENTITAS DITEMUKAN KORBAN BERNAMA DANIEL ANWAR WARGA DUSUN KERAMAT 1 DESA KUALA DUA KEC SUNGAI RAYA KAB KUBU RAYA, MINGGU (04/04/2021), A.M NASIR, SH SECARA AKLAMASI TERPILIH SEBAGAI KETUA DEWAN PENGURUS WILAYAH (DPW) PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) KALIMANTAN BARAT, DIDUGA TERORIS SERANG MABES POLRI GUNAKAN SENJATA API JENIS PISTOL, TERDUGA TEROSRIS TERSEBUT DAPAT DILUMPUHKAN POLISI, SAAT INI POLISI SEDANG DALAMI KASUS INI, HARI INI, RABU (31 MARET 2021) SEJUMLAH WARTAWAN YANG BERTUGAS DI KABUPATEN KUBU RAYA LAKUKAN VAKSIN TAHAP KEDUA DI AULA KANTOR BUPATI KUBU RAYA JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, HARI INI, SELASA (30/03/2021) PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA MELALUI DINAS KESEHATAN AKAN LAKUKAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KEDUA UNTUK TENAGA PENDIDIK DAN ASN DI AULA KANTOR BUPATI JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, GEREJA KATEDRAL DI MAKASAR DIKABARKAN TERJADI LEDAKAN DIPERKIRAKAN BOM , SAAT INI SEDANG DALAM PENDALAMAN APARAT KEAMANAN, JELANG KEPULANGAN SANTRI-SANTRIWATI DALAM RANGKA LIBUR BULAN PUASA DAN MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT AKAN FASILITASI TEST SWAP GRATIS, WAKIL BUPATI HADIRI PANEN PADI PERDANA WARGA BINAAN LAPAS PEREMPUAN KELAS II A PONTIANAK DI KEC SUNGAI KAKAP KAB KUBU RAYA

Kunjungan Komisi V DPR Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing

Redaksi author photo
Rombongan Komisi V DPR-RI bersamama Wagub Kalbar, Ria Norsan Saat berada di Pelabuhan Kijing Mempawah

Mempawah (Kalbarnews.co.id) - Komisi V DPR RI melakukan peninjauan ke proyek pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing, dipimpin Ketua Komisi V Lasarus, peninjauan ini dilakukan untuk memastikan pembangunan pelabuhan berjalan sesuai rencana, Jumat (06/03/2020).

Hal ini disampaikan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus saat berada di Pelabuhan Internasional Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah bersama Sejumlah Anggota DPR-RI Komisi V lainya..

Tampak Hadir Komisi V DPR-RI Dapil Kalimantan Barat lainya, Sy Abdullah Alkadri dan Boyman Harun yang ikut dalam pengawasan dan pengawalan Pembangunan di Kalimantan Barat.

"Kami ingin melihat kondisi terakhir untuk memastikan apakah pembangunan ini (Pelabuhan Kijing) berjalan lancar sesuai perencanaan atau tidak. Tadi juga hadir Pelindo II, Kemenhub, Wakil Gubernur dan Bupati Mempawah. PT Wijaya Karya selaku pelaksana menyampaikan ke kita bahwa tidak ada masalah. Perencanaan sesuai rencana, on target dan target operasional pada bulan September 2020 mudah-mudahan betul-betul bisa tercapai," ujar Lasarus.

Setelah meninjau langsung proyek ini, Lasarus menilai bahwa jalan penunjang Pelabuhan Kijing, terutama dari Kota Pontianak sampai Kabupaten Mempawah perlu dilakukan pelebaran. Hal itu guna mengantisipasi padatnya lalu lintas kendaraan angkutan berat, baik dari arah maupun yang menuju pelabuhan. Karenanya Tidak cuma pelebaran jalan, Lasarus juga menilai perlu ditempatkan fasilitas sarana bantu navigasi guna menunjang pelabuhan samudra tersebut.

"Kondisi jalan dari Pontianak ke sini (Mempawah) sempit dan harus segera diperlebar supaya ketika pelabuhan beroperasi, jalan di sekitar pelabuhan harus mampu menjawab tantangan padatnya aktivitas lalu lintas angkutan di pelabuhan ini," imbuhnya.

"Memang tahun ini sudah dimulai pelebarannya, walaupun baru beberapa kilometer. Kami juga tadi melihat secara langsung berapa besar kebutuhan pelebaran jalan ini, sehingga ketika kembali ke Jakarta, kami bisa bahas mana yang domainnya Kementerian PUPR agar bisa bicarakan terkait penganggarannya," sambung Lasarus.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi V DPR ini juga sempat menyinggung nasib Pelabuhan Dwikora Pontianak setelah nantinya Pelabuhan Internasional Kijing resmi beroperasi. Lasarus menjelaskan bahwa Pelabuhan Dwikora nantinya hanya akan difungsikan sebagai pelabuhan penumpang, sementara Pelabuhan Kijing akan dipusatkan sebagai pelabuhan yang memuat aktivitas bongkar muat barang.

"Pelabuhan Dwikora ini kan sebenarnya kondisinya sudah tidak layak dan selama pelabuhan itu berdiri sudah banyak orang yang mengalami kecelakaan. Tentu ini tidak baik. Kami berharap nanti, setelah pelabuhan ini beroperasi full pelan-pelan Pelabuhan Dwikora tidak lagi kita fungsikan. Kemungkinan jadi pelabuhan penumpang saja di sana. Kemarin dengan Pelindo II juga sudah kita bicarakan peruntukan lahan yang sekarang untuk ke depan. Nanti akan dibicarakan Pelindo dengan Pemkot Pontianak," tutup Lasarus. (tim liputan)

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini