Agus Sudarmanyah: DPRD Kubu Raya Dukung Kebijakan Pemda Kubu Raya Tutup Warkop Hingga Bioskop

Redaksi


Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) - Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah mendukung kebijakan yang diambil pemerintah daerah yang mulai hari ini,  Rabu  25 Maret sampai dengan 5 April 2020  menutup sementara usaha Warung Kopi, Kafe, Rumah Makan, Restoran, Tempat Hiburan, Tempat Wisata, Tempat Permainan Anak-anak, dan Bioskop.

Agus Sudarmansyah mengatakan  perlu langkah sigap, tepat, cepat, dan sesuai dengan ketentuan dalam menyikapi penyebaran Covid-19. Dirinya menyebut tiga penekanan Presiden Joko Widodo terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Yaitu sektor kesehatan, sosial, dan penguatan ekonomi masyarakat.

Ketiga hal tersebut menjadi perhatian selain urusan pencegahan dan penanggulangan. Karena yang terdampak adalah ekonomi kelas menengah ke bawah. Sehingga perlu ada langkah kreatif ke depannya.

“Harus ada terobosan misalnya kegiatan-kegiatan yang bersifat padat karya yang bisa kita buat untuk masyarakat yang sangat terdampak. Kami di DPRD dalam hal ini tentu mendukung sepenuhnya, nanti disesuaikan dengan perubahan APBD. Tentu leading sector terkait bisa mencermati. Mungkin terkait dengan ini kegiatan-kegiatan APBD kita yang lebih mengarah ke padat karya untuk membantu ekonomi kerakyatan tadi,” ucapnya.

Sementara itu Waka Polres Kubu Raya, Kompol Amin Siddiq mennyatakan pihaknya telah melakukan sejumlah langkah konkret terkait pencegahan Covid-19. Polres, menurutnya, telah melakukan sosialisasi masif terhadap maklumat Kapolri yang di antaranya berisi imbauan untuk masyarakat tidak melakukan pertemuan atau perkumpulan di tempat-tempat keramaian.

Selain itu imbauan agar masyarakat tidak panik dan memborong bahan makanan pokok termasuk kegiatan menimbun sembako.

“Terkait hal itu langkah-langkah yang sudah kami lakukan bekerja sama dengan TNI di antaranya melakukan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah ibadah di Kubu Raya dan ini masih terus dilakukan. Penyemprotan juga dilaksanakan di sepanjang ruas jalan Ayani Dua mulai simpang Polda sampai Bundaran Supadio dan sebaliknya. Maklumat Kapolri juga disebar ke masyarakat di pasar-pasar dan tempat-tempat lainnya,” paparnya.

Amin melanjutkan, Kapolres Kubu Raya Yani Permana dan anggota Polres juga membubarkan masyarakat yang berada di tempat-tempat keramaian seperti warung kopi dan warung internet.

 Termasuk membubarkan perlombaan karaoke di Kecamatan Sungai Raya. Bersama TNI, Polres juga membubarkan kegiatan budaya masyarakat di Kecamatan Rasau Jaya.

“Apa yang kami lakukan dengan di-back up TNI tujuannya tidak lain bahwa ini adalah sebagai langkah-langkah untuk meminimalkan penyebaran Covid-19. Kita bisa berkaca pada negara-negara yang sebelumnya menganggap virus corona itu tidak berbahaya, sehingga dipandang sebelah mata dan akhirnya apa, di Itali berapa banyak jiwa melayang. Di Kalbar sudah satu meninggal dan orang dalam pengawasan tercatat lebih dari 1.400 orang. Tentunya Kita tidak jumlah tersebut bertambah lagi,” katanya.

Karena itu, Amin Siddiq mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang intens melakukan konsolidasi dan evaluasi terkait pencegahan Covid-19. Menurutnya, mengatasi wabah Covid-19 membutuhkan soliditas dan kerja sinergis.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua lintas instansi dengan bekerja sinergi. Ini bukan gawenya satu instansi saja. Kalau pun ada korban paling tidak korban itu bisa kita minimalkan sehingga tidak seperti di tempat-tempat yang lain,” harapnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini