Warga Desa Limbung Siapkan 25 ha Lahan untuk Kawasan Hutan Kota dan Bumi Perkemahan

Redaksi
Rapat Koordinasi lintas Sektoral Rencana Program Kawasan Hutan Kota di Desa Limbung Kubu Raya

Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) – Masyarakat Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya serahkan 25 Ha lahan yang dirancng akan dijadikan Kawasan Hutan Kota yang akan difungsikan sebagai kawasan Bumi Perkemahan, hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Bumi Perkemahan dan Wisata Hutan Kota di Kantor Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya, Senin (10/02/2020).

Rapat digelar sebagai tindak lanjut rencana pemanfaatan lahan hibah masyarakat seluas 25 hektare di Desa Limbung menjadi ruang terbuka hijau dan hutan kota.

Tampak Hadir Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Waka Polres Kubu Raya, Dinas Perkebunan dan Kehutanan, BPBD Kubu Raya, Kodam XII/Tpr, Lanud Supadio, Kwarcab Pramuka Kubu Raya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta instansi terkait lainya.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo mengatakan keberadaan hutan kota dan ruang terbuka hijau merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat dan lingkungan.

“Kita memerlukan ruang terbuka hijau, hutan kota, dan tempat-tempat untuk berkumpul masyarakat. Ini adalah mimpi kita sejak lama di mana hutan kota peruntukannya nanti bisa menjadi bumi perkemahan, tempat outbond, dan kegiatan-kegiatan pegiat lingkungan,” tutur Sujiwo.

Sujiwo mengatakan rencana keberadaan hutan kota dan ruang terbuka hijau merupakan rancangan ketika Bupati Muda Periode pertama dan dirinya sebagai Ketua DPRD Kubu Raya, hanya sempat terhenti dan saat ini dengan inisiasi masyarakat Sujiwo yakin program ini akan dapat terlaksana.

“Ini sesuai dengan Visi dan Misi Muda Jiwo dan saya yakin akan dapat terlaksana tentu dengan kerja sama semua pihak,” ungkap Sujiwo.

Sujiwo mengatakan setelah rapat koordinasi ini dirinya akan melaporkan hasilnya kepada Bupati Kubu Raya dan Gubernur Kalimantan Barat.

Sementara itu Kepala Desa Limbung, Wiyono mengatakan masyarakat Desa limbung yang menyerahkan lahan sangat berharap program ini dapat segera terlaksana.

“Kami sangat berharap Program ini segera terlaksana, selain nantinya menjadi Hutan Kota dan Bumi Perkemahan daerah ini bisa menjadi kawasan penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla),” jelas Wiyono.

Wiyono menjelaskna konsep Kawasan Hutan Kota nanti akan didesain ada sumber Air yang bisa digunakan ketika terjadi karhula didaerah sekitar Desa Limbung.(tim liputan).

Editor : Aan


Komentar Anda

Berita Terkini