Bupati Muda: Optimalkan Potensi Desa

Editor: Redaksi author photo
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat Safari Ramadhan di Kecamatan Sungai Ambawang

Kubu Raya (Kalbar News) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan fokus pada hal-hal yang menyasar pada hajat hidup masyarakat banyak, Di antara fokus pembangunan tersebut yakni mengoptimalkan potensi Desa-Desa yang berbasiskan Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Perdagangan Hasil Bumi, Sungai dan Laut yang potensial. 

Hal tersebut ditegaskan Bupati Kubu Raya saat Safari Ramadhan di Kecamatan Sungai Ambawang bersama Wakil Bupati Sujiwo, Sekretaris Daerah Yusran Anizam Muspika serta Warga Masayarakat Sungai Ambawang.

Muda meneruskan, fokus lain yang dikejar pihaknya yakni terkait Pelayanan Dasar Masyarakat seperti di bidang kesehatan. Ia menuturkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah meluncurkan program pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kubu Raya yang belum terlindungi jaminan kesehatan nasional dan daerah. Program tersebut telah berlaku mulai 1 April 2019 lalu di tempat-tempat pelayanan seperti Puskesmas, Pustu, Dan Polindes/Poskesdes serta Puskesmas Keliling. 

“Nah, sekarang masyarakat berobat ke Puskesmas, Pustu, Polindes atau Poskesdes dan Puskesmas Keliling tidak akan dipungut biaya lagi. Dan kalau tidak punya BPJS pun tinggal bawa KTP-nya saja yang akan dilayani dengan tanpa biaya,” ujarnya. 

Muda mengatakan program kesehatan gratis dilakukan pemerintah daerah demi meningkatkan dan menjamin akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar serta meringankan pembiayaan kesehatan bagi masyarakat Kubu Raya. Dirinya mengungkapkan akan meningkatkan cakupan pelayanan jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu dari 37.000 jiwa saat ini menjadi 70.000 jiwa di tahun 2020 dan meningkat lagi 100.000 jiwa di tahun 2021. 

“Dan kalau sudah 100.000 insya Allah ditambah dengan Jamkesmas dan jaminan kesehatan dari BPJS Ketenagakerjaan, maka bisa hampir seluruh masyarakat Kubu Raya yang tidak mampu sudah terjamin dengan BPJS,” ujarnya.

Di bidang pendidikan termasuk keagamaan, Muda memastikan akan terus mendorong dengan berbagai program percepatan. Terlebih Kubu Raya dengan basis pesantren, madrasah, dan TPA terbanyak ada di Kalimantan Barat. 

Di bidang pendidikan, Muda akan memperkuat program-program yang sudah ada baik untuk sekolah negeri, swasta, dan sekolah agama. Termasuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) yang dilanjutkan lagi untuk siswa SD-SMP. 

“Bahkan BOSDA tahun ini sudah mulai diberikan untuk seragam siswa SD dan SMP yang semuanya dijahit oleh masyarakat dan ibu-ibu yang ada di Kubu Raya. Produksi sudah mulai jalan. Tujuan kita adalah membuka lapangan kerja kepada masyarakat,” jelasnya. 

Di sektor perikanan, Muda mengajak generasi muda untuk terjun memanfaatkan potensi Kubu Raya sebagai daerah dengan bentang pesisir yang luas. Termasuk peluang sebagai daerah delta yang dikelilingi sungai. Menurutnya, Kubu Raya punya potensi perikanan tangkap dan budi daya yang besar. 

“Nah, untuk budi daya juga kita kembangkan terus. Mudah-mudahan masyarakat bisa kreatif terutama anak-anak muda. Kita ajak dan gerakkan mereka untuk perikanan budi daya supaya ini menjadi usaha yang produktif untuk rumah tangga-rumah tangga,” ajaknya.(tim liputan)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini