Sutarmidji: Sawit tidak ada Kontribusi dalam APBD Kalbar malah membebani Anggaran

Editor: Redaksi author photo
Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat hadiri Seminar Pertambangan di Hotel Orchard Pontianak

Pontianak (Kalbar News) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyayangkan sampai saat ini belum ada kontribusi Perusahaan Sawit di Kalbar dalam APBD Provinsi Kalbar.

Hal ini disampaikan Sutarmidji dalam sambutan Pembukaan Seminar Pertambangan yang mengambil tema Perlindungan Lingkungan dan Reklamasi Lahan Bekas Tambang Demi Pembangunan Berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Ahli Pertambangan (PERHAPI) Kalimantan Barat di Ballroom Hotel Orcard Jl Gajahmada Pontianak.

"Sampai saat ini tidak ada satu rupiah pun dana dari sawit yang masuk APBD, yang ada malah banyak anggaran APBD itu memperbaiki jalan yang rusak akibat kendaraan angkutan sawit,"ujar Sutarmidji.

Sutarmidji mengatakan dirinya setuju dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang melakukan Moratorium izin Perkebunan sawit, meskipun menurut Sutarmidji harusnya ini dilakukan pada 10 Tahun yang lalu.

“Seharusnya ini dilakukan 10 tahun yang lalu, tetapi saat ini moratorium itu sudah dilakukan semoga bisa terlaksana dengan baik,” ungkap Sutarmidji.

Sutarmidji juga berharap apa yang dilakukan Perhapi hari ini bisa menjadi acuan serta bisa menyadarkan para pelaku bisnis pertambangan juga perkebunan untuk tetap menjaga Alam danlingkungan dengan cara dan program yang terencana, salah satunya adalah dengan Reklamasi.

“Saya berharap Pengusaha itu juga ikut menjaga alam ini, jangan hanya berfikir untung saja, tetapi juga memikirkan daerah ini dengan menjaga alam tentunya, daerah yang sudah di ekspoitasi lakukan juga reklamasi, jadi ada Partisipasinya dalam pembangunan ini,”pungkas Sutarmidji. ( tim liputan)

Editor : Heri
Share:
Komentar

Berita Terkini