27 Paskibra Kubu Raya Dikukuhkan

Editor: Redaksi author photo
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyemat lencana kepada salah seorang anggota paskibra Kubu Raya 
KUBU RAYA (Kalbar News)- Sebanyak 27 Pasukan pengibar bendera (Paskibrak) Kabupaten Kubu Ray yang teridiri dari pelajar SMA, SMK, dan MA yang ada di Kubu Raya dikukuhkan oleh Bupati Kubu Raya Rusman Ali, Selasa (15/8) malam.

Paskibra ini nantinya akan mengisi upacara pengibaran bendera dalam peringatan hari kemeerdekaan RI Ke-72, dihalaman kantor Bupati, dan di agendakan Bupati Kubu Raya  menjadi Inspektur upacara

Pengukuhan Paskibraka Tingkat kabupaten Kubu Raya Tahun 2017 ini berjalan khidmat yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus, Ketua DPRD Kubu Raya Bambang Ganefo, Plt  Sekretaris Kabupaten Kubu Raya, Forkopinda, Kepala OPD, Camat, jajaran TNI/POLRI, Purna Paskibraka dan orang tua calon Paskibraka.

Sebelum dikukuhkan, terlebih dahulu dilaksanakan pengantar pengukuhan oleh Bupati Kubu Raya selaku inspektur upacara membacakan yakni kata-kata Dharma Mulia Putra Indonesia yang merupakan Kode Kehormatan Paskibraka dan Ikrar Putra Indonesia yang diikuti oleh seluruh Paskibara.

Usai membacakan ikrar Putra Indonesia, Bupati Kubu Raya membacakan kata -kata pengukuhan dengan bunyi “ Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa saya kukuhkan anak -anakku sekalian sebagai Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Kubu Raya Tahun 2017, semoga amal bhakti kita semua mendapat Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dengan segenap taufik hidayah dan inayahnya,” ujar Bupati saat pengukuhan berlangsung

Bupati Kubu Raya Rusman Ali juga menyematkan Lencana Merah Putih Garuda sesuai tingkatannya dan dililitkan kendit dipinggangnya. Selanjutnya dengan iringan lagu Padamu Negeri satu persatu anggota Paskibraka sambil menarik nafas panjang mencium Bendera Merah Putih sebagai kiasan bersedia untuk senantiasa setia dan berbakti pada Bumi Pertiwi Indonesia

Dalam sambutan Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan Paskibra harus memiliki kemampuan seperti layaknya pisau bermata dua sisi, serta memiliki dua ketajaman yang sama.

Sebagai anggota di satu sisi harus memiliki kemampuan menunaikan tugas pengibaran dan penurunan bendera dengan sempurna pada tanggal 17 Agustus 2017, dan di sisi lain anggota Paskibaraka harus memiliki kemampuan yang tajam dalam memiliki karakter positif dan tangguh sebagai seorang pemuda – pemudi yang berprestasi serta bermanfaat bagi lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Bupati mengharapan kiranya setelah menjalani masa pembinaan dan pelatihan, anggota paskibraka dapat menjadi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) KKR yang berkarakter dan berprestasi serta menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa. (rja)



Share:
Komentar

Berita Terkini