Dana Desa Belum Cair, Kades Parit Baru Gunakan Dana Talangan Untuk Insentif Perangkat Desa

Editor: Redaksi author photo


Kepala Desa Parit Baru, Musa menyerahkan insentif perangkat desa dengan dana talangan 

KUBU RAYA (Kalbar News) - Karena Pemerintah belum bisa menggelontorkan dana desa kepada sejumlah desa di Kubu Raya, Kepala Desa Parit Baru, Musa, berupaya dengan menggunakan dana talangan untuk perangkat desa dari Ketua RT, RW, Kadus dan BPD. Pencairan langsung dilaksanakan di kediaman Kepala Desa Parit Baru Gang Hanura Dalam, Desa Parit Baru, Kamis (22/06/2017).

Pembayaran insentif kepada perangkat desa Parit Baru merupakan inisiatif dari Kepala Desa Parit Baru, dalam rangka menghadapi lebaran untuk 102 Ketu RT, 14 Ketua RW, 5 Kadus, 9 orang BPD. Total untuk pembayaran insentif perangkat desa, berkisar Rp 300 juta dibayarkan sesuai ketersedian uang.

"Ini hanya dana talanga, agar perangkat desa bisa menggunakannya untuk persiapan menjelang lebaran," kata Kades Parit Baru Musa, saat membagikan uang insentif.

Rinciannya sendiri untuk Ketua RT, Rp 1,1 juta, sementara untuk Ketua RW dan kepala Dusun (Kadus) masing-masing sebesar Rp 300 ribu. sedangkan Anggota BPD mendapatkan full

Ketua RT 10 RW 14 Desa Parit Baru, Ganda mengaku sangat senang dengan adanya dana talangan yang diberikan Kades kepada seluruh perangkat desa. Meski pada dasarnya uang insentif belum cair namun, dari inisiatif kepala desa, tetap bisa diberikan melalui dana talangan.

"Meskipun saya bukan muslim,namun dana ini sangat berarti sekali. Karena di RT saya ad penjaga malam, dengan uang ini saya bisa membantunya untuk menjelang lebaran ini," ujarnya.

Ia memaparkan, sudah dua tahun terakhir ini setiap menjelang lebaran kades Parit Baru selalu menala insentif perangkat desa. Sehingga para perangkat desa merasa terbantu. (eds)
Share:
Komentar

Berita Terkini