MAPAN Prioritaskan Komiditi Unggulan Kubu Raya

Editor: Redaksi author photo


Ketua MAPAN Kubu Raya, Rusdi


Kubu Raya ((Kalbar News) - Masyrakat Peduli Pangan (MAPAN) mendukung program Kementerian Pertanian yaitu Swasembada Padi dan Jagung sebagai Komoditi Unggulan, hal ini disampaikan Ketua MAPAN Kubu Raya Rusdi.

Rusdi mengatakan padi dan jagung merupakan target swasembada pangan , sedangkan kedelai, cabai, bawang merah, daging, dan gula menjadi target untuk meningkatkan \produksi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan melalui Upaya Khusus (UPSUS) Padi, Jagung guna mempercepat swasembada Pangan.

MAPAN Kubu Raya terus lakukan Sosialisasi kepada Petani agar para Petani bergairah lagi untuk bertani untuk meningkatkan Produksi Padi dan Jangung untuk Mendukung Program Kementerian Pertanian sebagai Ketahanan Pangan Nasional, Jelas Rusdi 

Program MAPAN Kubu Raya terus berinovasi agar para petani meningkatkan produksi sesuai dengan program nawa cta Jokowi dalam sektor pertanian,  salah satu program yang tertuang dalam nawa cita pemerintahan dalam sektor pertanian adalah meningkatkan kepemilikan petani atas tanah pertanian menjadi rata-rata dua hektar (saat ini masih di bawah 0,75 hektar), dan meningkatkan swasembada pangan dalam rangka ketahanan pangan.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Pemerintah berencana untuk melakukan Redistribusi tanah seluas 9 hektar yang akan menjadi tanah bagi Petani. Tanah ini dapat berasal dari tanah di Bawah Otoritas Badan Pertanahan Nasional (BPN), atau tanah kawasan Hutan Produksi yang dapat dikonversi, serta adanya pengakuan Hak Masyarakat Hukum Adat, Ujar Rusdi

"Kami berharap program ini pada akhirnya akan dapat mensejahterakan para petani, khususnya petani kecil. program kementerian pertanian telah memfokuskan tujuh komoditas utama dalam program pencapaian Swasembada dan peningkatan produksi tahun 2017," tutupnya (es)

Share:
Komentar

Berita Terkini