Pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe di Kabupaten Bengkayang Membawa Harapan Baru dalam Penanggulangan Stunting

Editor: Redaksi author photo

 Pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe di Kabupaten Bengkayang Membawa Harapan Baru dalam Penanggulangan Stunting


KALBARNEWS.CO.ID (BENGKAYANG) - Hari ini, Kamis (18/4/24), Bupati Kabupaten Bengkayang, Sebastian Darwis, secara resmi mengukuhkan  Ayah dan Bunda GenRe kecamatan dan desa dalam rangkaian perayaan Hari Kesatuan Gerak - Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-52 Tahun 2024. Pengukuhan ini merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan untuk membangun komiten pemda Bengkayang dalam mendukung penuh upaya menurunkan angka stunting di wilayah tersebut.


Dalam sambutannya, Bupati Bengkayang Sebastian Darwis menyatakan pentingnya peran Ayah dan Bunda GenRe dalam mensukseskan program pemerintah yang bertujuan untuk menurunkan angka stunting. Beliau menekankan bahwa pengukuhan ini bukanlah sekadar seremoni, tetapi merupakan komitmen nyata dalam memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak di Kabupaten Bengkayang.


"Pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kecamatan dan Desa ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten dalam mensukseskan program Pemerintah yakni Penurunan Angka Stunting," ujar Bupati Sebastian Darwis.


Dengan resmi dikukuhkannya Ayah dan Bunda GenRe, diharapkan mereka dapat bekerja secara cepat dan efektif di daerah masing-masing. Langkah ini diharapkan mampu memberikan dampak positif yang signifikan dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Bengkayang.


Acara pengukuhan ini menjadi tonggak penting dalam upaya bersama untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan berkualitas di Kabupaten Bengkayang. Dengan dukungan penuh dari pemerintah kabupaten, diharapkan akan terjadi perubahan positif yang berkelanjutan dalam penurunan angka stunting di masa mendatang. Di Kabupaten Bengkayang terdapat 122 desa, dengan 2 keluruhan dan 17 kecamatan. Untuk pengukuhan  sendiri sebanyak 34 orang Ayah dan Bunda GenRe Tingkat Kecamatan yang dikukuhkan. Dan sebanyak 32 orang Ayah dan Bunda GenRe Tingkat Desa dari Kecamatan Capkala, Sungai Raya dan Sungai Kepulauan.


Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, yang diwakili oleh Drs. Pranowo Adi, M.Si, Widyaiswara Ahli Madya mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkayang dalam mendukung Program Bangga Kencana. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pengukuhan Bapak Bupati dan Ibu Ketua TP PKK sebagai Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Bengkayang oleh Pj. Gubernur Kalbar pada 7 Maret 2024 lalu.


Dengan telah dilaksanakannya pengukuhan ini, para remaja Duta GenRe Tingkat Desa diharapkan dapat segera dikukuhkan oleh Ayah dan Bunda GenRe di wilayahnya masing-masing. Keterlibatan remaja dalam penurunan stunting diharapkan dapat dioptimalkan oleh Ayah dan Bunda GenRe, termasuk juga memastikan penggunaan dana desa untuk program pencegahan dan penurunan stunting sesuai dengan Permendesa PDTT Nomor 13 Tahun 2023.


BKKBN Provinsi Kalbar juga menyampaikan harapannya untuk menciptakan generasi Kabupaten Bengkayang yang sehat dan berkualitas melalui kegiatan ini. 


Semoga melalui upaya bersama pada hari ini, terwujudlah generasi Kabupaten Bengkayang yang sehat, berkualitas, dan bebas dari stunting. (BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini