Ilmuwan Rusia Menciptakan Katalis Baru Untuk Memulihkan Hidrogen Dari Amina-Boran

Editor: Redaksi author photo

Ilmuwan Rusia Menciptakan Katalis Baru Untuk Memulihkan Hidrogen Dari Amina-Boran

KALBARNEWS.CO.ID (RUSIA)
- Para ilmuwan dari Institut Senyawa Organo-elemen AN Nesmeyan dan Pusat Penelitian Nasional Perancis menciptakan katalis berdasarkan magnesium untuk memulihkan hidrogen dari amina-boran (senyawa organik padat yang tampak seperti bubuk atau kristal berwarna putih). Katalis baru ini belasan kali lebih efisien dalam memulihkan hidrogen dibandingkan senyawa berbasis logam mulia. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di Chemical Science Journal.


Amina-boran terdiri dari atom karbon, nitrogen, boron dan hidrogen. Untuk memperoleh hidrogen darinya, para ilmuwan menggunakan katalis logam-organik yang mengandung logam golongan platina termasuk paladium, rutenium, dan platina. Biayanya yang tinggi menjadi insentif untuk mencari alternatif yang lebih murah, seperti kobalt, besi, dan nikel. (10 Februari 2024).



Para ilmuwan dari Institut Senyawa Organo-elemen AN Nesmeyan dan Pusat Penelitian Nasional Perancis mengusulkan alternatif mereka sendiri. Mereka berhasil memperoleh hidrogen dari amina-boran dengan bantuan kompleks berdasarkan magnesium dan karbon oksida. 




Percobaan menunjukkan bahwa katalis baru ini 50 kali lebih aktif dibandingkan katalis berbahan dasar besi, kobalt dan nikel, dan juga 8 kali lebih aktif dibandingkan senyawa logam platina. Pada saat yang sama, berbeda dengan sebagian besar katalis logam-organik, kompleks baru ini tidak memerlukan aktivasi tambahan dengan bantuan sinar ultra-violet.



Penulis penelitian meninjau semua rincian mekanisme perolehan hidrogen dalam proses reaksi antara katalis dan amina-boran. Ternyata bentuk aktif katalis terdiri dari dua molekul yang mengandung magnesium yang dihasilkan dari satu molekul prekursor: satu bermuatan positif, dan yang lainnya netral. Senyawa ini secara bersamaan bereaksi dengan amina-boran yang akhirnya menghasilkan hidrogen.



“Kami yakin metode ini dapat diadaptasi untuk katalis berbahan dasar logam lain. Hal ini akan memungkinkan penggunaannya untuk proses industri produksi hidrogen, sintesis obat-obatan, dan konversi karbon dioksida. Saat menangani amina-boran, katalis kami akan berkontribusi pada pengembangan produksi dan penyimpanan hidrogen untuk tujuan energi ramah lingkungan”, Yayasan Sains Rusia mengutip Ekaterina Gulyaeva, salah satu penulis studi tersebut.




Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menyelesaikan masalah transportasi hidrogen. Salah satu metodenya mungkin dengan memperoleh kembali hidrogen di lokasi penggunaan selanjutnya. 



Misalnya, spesialis dari perusahaan EPRO Advance Technology mengembangkan bahan berbasis silikon berpori (Si+), yang menghasilkan hidrogen saat bersentuhan dengan air. Bahan ini dapat disimpan dalam kemasan plastik, dan penggunaannya sangat mirip dengan metode pembuatan kopi kapsul. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini