Waspadalah, BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Editor: Redaksi author photo
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Badan Meteorolgi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak mengeluarkan Surat Peringatan Dini bahaya gelombang Tinggi kepada masyarakat dengan Nomor Surat : ME.01.02/INFOMET/353/KPTK/XII/2023 berlaku pada tanggal 20 Desember 2023 Pukul 07.00 Wib hingga tanggal 21 Desember 2023 Pukul 07.00 Wib.

 

Dalam surat peringatan dini tersebut dijelaskan bahwa Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 4 - 25 knot.

 

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 4 - 20 knot.

 


Kecepatanangintertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Perairan Utara Anambas – Natuna, dan Laut Arafuru.

Dalam ketarangan Persnya, Kepala Stasiun Meteorolgi Maritim Pontianak, Raden Eko Sarjono, S.T mengatakan  bahwa tinggi gelombang 1.25 hingga 2.5 Meter Berpeluang Terjadi Di  Perairan Utara Kepulauan Anambas-Perairan Selatan Kepulauan Anambas-Perairan Barat Kepulauan Natuna- Perairan Utara Kepulauan Natuna-Perairan Selatan Kepulauan Natuna-Midai-Perairan Kepulauan Subi-Serasan-Perairan Utara Sambas.

 

Sementara daerah yang alami  Tinggi Gelombang 2.5 - 4.0 Meter Berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara.

 

Dalam rilisnya Badan Meteorolgi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak berharap masyarakat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

 

Untuk Perahu Nelayan, Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m, Kapal Tongkang Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m, Kapal Ferry Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m.

 

Sementara untuk Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo atau Kapal Pesiar Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m.

 

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombangtinggi agar tetap selalu waspada,” pungkas Kepala Stasiun Meteorolgi Maritim Pontianak, Raden Eko Sarjono, S.T. (tim liputan).

 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini