Kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 Tokopedia dan TikTok,
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Tokopedia dan TikTok telah meluncurkan kampanye Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online
Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu.
Kampanye Beli Lokal bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal
untuk mendapatkan panggung lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12,
lewat aplikasi Tokopedia dan TikTok. (
Animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat
momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal.
“Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal
kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19
kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika
dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ungkap Head of Communications
Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
“Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan
transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen
Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November
2023,” tambah Aditia.
Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye
Beli Lokal, khususnya
di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu, antara lain Kecantikan, Perawatan
Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman,
serta Rumah Tangga. Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh kategori Kecantikan dan Perawatan Diri,
Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.
Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’
12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co.,
Aerostreet dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas
jangkauan pasarnya di Indonesia.
Brand lokal parfum di Tokopedia, SAFF & Co., hadirkan wewangian
dari Nusantara Pada
semester I 2023, produk parfum adalah salah satu produk perawatan tubuh yang
paling laris di Tokopedia.
Hal ini melatarbelakangi kolaborasi antara Tokopedia dengan berbagai pelaku
usaha di kategori Kecantikan dan
Perawatan Tubuh, salah satunya brand lokal SAFF & Co., untuk meluncurkan produk parfum SAFF & Co. ‘Maleali’
eksklusif di Tokopedia saat Harbolnas 12.12. Co-Founder SAFF & Co., Santi Tan menyampaikan,
“Sebagai brand lokal parfum, SAFF & Co. Terus mendapatkan dukungan dari Tokopedia dan TikTok yang turut
berkontribusi pada penjualan kami.
Pada momen Harbolnas 12.12, SAFF & Co. meluncurkan varian parfum SAFF & Co. ‘Maleali’ secara eksklusif di kampanye ‘Beli Lokal’ Tokopedia. Maleali memiliki karakter sweet dan woody diikuti dengan sedikit aroma aromatic. Lalu disusul oleh aroma creamy-woody dan dry down aroma sensual & comforting khas wangi patchouli dari Sulawesi.”SAFF & Co. didirikan pada tahun 2020 dan menawarkan parfum buatan lokal.
“Berawal dari hobi mengoleksi parfum, saya mendirikan SAFF & Co. untuk menghadirkan
pengalaman fragrance yang baru dan terjangkau di kalangan masyarakat Indonesia. Dalam menghadirkan
produk, kami mengambil bahan tertentu seperti minyak nilam Indonesia (patchouli)
dari pedesaan di Sulawesi dan akar wangi (vetiver) dari Garut,” kata Santi,
yang mulai menjual produknya di TikTok pada tahun 2022.
Kisah brand lokal asal Klaten, Aerostreet, bawa fesyen dan sepatu buatan
industri lokal ke pasar nasional lewat
Tokopedia dan TikTok Berawal dari menjual sepatu sekolah, Adhitya Caesarico mendirikan usaha
lokal sepatu Aerostreet pada tahun 2015.
Melalui usaha Aerostreet asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Adhitya ingin seluruh
masyarakat dari berbagai latar belakangan bisa membeli sepatu olahraga,
sneakers hingga sepatu formal buatan
lokal yang berkualitas dengan harga terjangkau.
“Kini jenis produk Aerostreet makin banyak, mulai dari kaos, jeans, dan
masih banyak lagi. Hal ini tidak lepas dari peran ribuan karyawan di Aerostreet. Salah satu prinsip
yang selalu kami pegang teguh adalah
rajin berkolaborasi. Kami bergabung di Tokopedia sejak 2019 dan di TikTok sejak
2022 agar produk Aerostreet bisa terus ditemukan
oleh seluruh masyarakat di Indonesia,” ungkap Adhitya.
“Bahkan kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan TikTok sangat membantu
kami untuk meningkatkan penjualan produk-produk
Aerostreet. Terbukti dengan meningkatnya jumlah penjualan Aerostreet yang
melonjak berkali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal lewat Tokopedia di
momen Harbolnas 12.12, jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November
2023,” tambah Adhitya.
INTHEBOX, brand lokal di kategori Rumah Tangga di Tokopedia dan TikTok,
hadirkan inovasi kasur lipat Selain kecantikan dan perawatan tubuh serta
fesyen, kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 yang diusung oleh Tokopedia dan TikTok juga
membawa dampak positif bagi pelaku usaha lokal di kategori Rumah Tangga.
Salah satu pelaku usaha lokal tersebut adalah INTHEBOX, yang saat ini
memiliki pabrik di Bandung, Jawa
Barat, dan memberdayakan sekitar 500 karyawan.
“Membangun brand awareness di awal bukan hal yang mudah. Keberadaan
Tokopedia dan TikTok sangat membantu
kami untuk membentuk brand awareness tersebut. Apalagi dengan bergabung di kampanye
‘Beli Lokal’, INTHEBOX bisa mengalami lonjakan penjualan di lebih dari 7 kali
lipat di Tokopedia khususnya saat Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata
transaksi harian di bulan November 2023, dan lebih dari 3 kali lipat di TikTok
dibandingkan bulan September 2023,” kata Public Relations INTHEBOX (PT Duta Mas
Mandiri), Feiko Revoliady Robin.
Salah satu keunikan sekaligus inovasi yang dihadirkan oleh INTHEBOX adalah
kasur lipat yang dikemas dengan ukuran kecil sehingga sangat relevan untuk konsumen
dengan ukuran rumah kecil sekali pun. Setelah kasur dikeluarkan dari kotak,
perlahan-lahan kasur akan mengembang. (Tim Liputan)
Editor : AAn