momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal
KALBARNEWS.CO.ID
(JAKARTA) - Indonesia, 12 Desember 2023 - Penghujung tahun biasanya akan
dimeriahkan dengan promo-promo menarik yang ditawarkan oleh para pelaku usaha
termasuk UMKM di Indonesia. (12 Desember 2023)
Salah
satunya adalah melalui Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2023 yang merupakan
kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital di Indonesia.
“Harbolnas
merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makin bangga
dalam menggunakan produksi buatan Indonesia. Salah satu cara untuk mewujudkan
rasa bangga itu adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan
dalam negeri,” ujar Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia.
Pada
tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22.7 triliun atau meningkat
sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal pun tercatat
meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.
“Kami
berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti
tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan
terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan
momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” tambah
Zulkifli.
Tokopedia
bersama TikTok Dukung Harbolnas 2023 dengan Menghadirkan Kampanye ‘Beli Lokal’ Momen
belanja online jelang akhir tahun yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat adalah
Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada tanggal 12 Desember. “Tokopedia
berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk
pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo
agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. Salah satunya
dengan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’,” tambah Presiden Tokopedia, Melissa
Siska Juminto.
Selain
menguntungkan bagi pembeli, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal juga diharapkan
bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM
lokal.
“Tokopedia
sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu
berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,”
tambah Melissa.
Tokopedia
berkolaborasi dengan pemerintah dalam meluncurkan kampanye Beli Lokal agar
pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas
termasuk saat momen Harbolnas 12.12. Di kampanye ini, ada pula deretan promo
diskon hingga Rp100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih
hemat.
Kolaborasi
dengan TikTok Demi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Lewat Pemanfaatan
Kanal Digital Tokopedia selalu berkolaborasi dengan seluruh mitra strategis
untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional terutama lewat pemanfaatan kanal
digital. Salah satu kolaborasi yang dijalankan oleh Tokopedia adalah melalui
kerja sama dengan TikTok Indonesia untuk kampanye ‘Beli Lokal’ di saat momen
Harbolnas 12.12.
Sebagai
komitmen dalam mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan juga mempermudah masyarakat
untuk belanja online, TikTok turut mendukung Hari Belanja Nasional dengan ikut
menghadirkan kampanye Beli Lokal bersama Tokopedia. Kampanye ‘Beli Lokal’ akan
dapat ditemukan juga di aplikasi TikTok Indonesia untuk dapat memperluas
jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM.
“Dengan
hadirnya kampanye ‘Beli Lokal’ pada aplikasi TikTok, para pelaku usaha,
terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan
lebih atraktif,” ujar Direktur Eksekutif E-Commerce, Tik Tok, Indonesia,
Stephanie Susilo.
Kampanye
Beli Lokal yang dihadirkan oleh Tokopedia dan TikTok diharapkan dapat mendorong
pertumbuhan UMKM Indonesia di penghujung tahun 2023. Selain itu, kampanye Beli
Lokal ini diharapkan juga dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
(Tim Liputan)
Editor
: Aan