Bupati Mempawah ajak Warga Lakukan PSN dengan 3M Plus Untuk Cegah DBD

Editor: Redaksi author photo

Bupati Mempawah ajak Warga Lakukan PSN dengan 3M Plus Untuk Cegah DBD

KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH)
- Bupati Mempawah Erlina mengajak seluruh masyarakat untuk tidak panik secara berlebihan menyikapi kasus wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang saat ini terjadi di Kabupaten Mempawah.


Selain itu Erlina mengajak masyarakat untuk tetap semangat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan metode 3M Plus.


Hal tersebut Erlina sampaikan ketika menghadiri Gema Bina Bangun Desa (GBBD) di Kecamatan Sungai Kunyit, Senin 18 Desember 2023.


"Saya ingin mengingatkan bahwa kita masih dalam situasi wabah DBD. Dimana Dinkes Mempawah mencatat per 15 Desember 2023 terdapat 1.117 kasus DBD, dan pasien DBD yang meninggal dunia sebanyak 11 orang," ujar Erlina.


"Untuk itu saya minta masyarakat agar tidak panik berlebihan menyikapi penyebaran kasus DBD di Kabupaten Mempawah, dan saya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap semangat melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M Plus," lanjut Erlina berpesan.


Erlina mengatakan, 3M Plus yang dimaksud ialah, pertama menutup penampungan air, kedua menguras penampungan air (minimal 1 kali seminggu), dan ketiga mendaur ulang sampah plastik.


"Untuk Plus nya ialah dengan menggunakan Abate secara terukur, menanam tanaman pengusir nyamuk, menggunakan obat nyamuk dan lotion anti nyamuk. Selain itu juga bisa memelihara ikan pemakan jentik-jentik," jelas Erlina berpesan.


Erlina berharap para Kepala Desa dapat mendorong 3M Plus kepada masyarakatnya.


“Ayo bersama-sama bergerak memberantas sarang nyamuk, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat," tutup Erlina berpesan.(Rk)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini