Aerogel Komposit Baru Akan Membantu Membersihkan Tumpahan Minyak

Editor: Redaksi author photo

 Aerogel Komposit Baru Akan Membantu Membersihkan Tumpahan Minyak

KALBARNEWS.CO.ID (RUSIA)
- Para ilmuwan dari Pusat Penelitian Federal (FRC) di bidang fisika kimia dan kimia klinis dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia (RAS) menerima paten untuk aerogel komposit baru yang mereka buat berdasarkan graphene dan polytetrafluorethylene (Teflon). Aerogel ini dapat digunakan untuk menghilangkan tumpahan minyak dan produk minyak bumi, termasuk di zona Arktik.


Bahan penyerap ini memiliki kepadatan rendah (8 gram per liter) dan sifat superhidrofobik. Berkat kombinasi tersebut, ia mampu menyerap minyak dan produk minyak bumi (bensin, minyak tanah, bahan bakar minyak) tanpa menyedot air dan bertahan lama di permukaan air.


Keuntungan lain dari bahan penyerap ini adalah kapasitasnya yang lebih tinggi dibandingkan bahan penyerap komersialnya (hingga 61 gram minyak per 1 gram bahan penyerap), dan kemungkinan penerapannya kembali dicapai karena pengolahan dengan pelarut organik yang menghasilkan pemulihan 100% secara praktis. sifat penyerapan.

 

“Tim kami mulai bekerja pada awal tahun 2019, kemudian dalam dua tahun kami mengajukan paten, dan kini akhirnya kami menerimanya. Kami mematenkan bahan penyerap itu sendiri dan metode pembuatannya”, FRC mengutip Sergey Baksakov, salah satu penulis studi tersebut, peneliti senior di laboratorium spektroskopi bahan nano.


 

Mengelola tumpahan minyak dan produk minyak bumi adalah salah satu bidang studi paling populer yang dilakukan para ilmuwan Rusia. Sebelumnya, para ahli dari Troitsk Innovative and Thermonuclear Studies Institute di Rosatom State Corporation mengusulkan penggunaan laser bergerak yang mampu “membakar” tumpahan minyak di permukaan air dari jarak 300 meter. Metode baru ini diuji pada musim gugur tahun 2023 di Laut Okhotsk dekat Pulau Sakhalin. (Tim Liputan)
Editor : Aan
Share:
Komentar

Berita Terkini