KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Menyambut
Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 mendatang, Tokopedia terus memberi
panggung seluas-luasnya bagi lebih dari 14 juta penjual, yang hampir
100%nya UMKM lokal termasuk di antaranya para pemuda, sebagai penggerak roda
perekonomian nasional. (23 Oktober 2023)Tokopedia Bagi Kisah Pemuda Pelaku UMKM Penggerak Ekonomi Indonesia
Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, berkata Tokopedia,
perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian dari Grup GoTo, terus membantu
pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pemuda
pelaku UMKM Indonesia, menciptakan peluang tanpa hambatan.
Salah satu upayanya adalah inisiatif Hyperlocal. Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen Environmental, Social, and Governance (ESG) GoTo Tiga Nol (Three Zeros), yaitu nol hambatan (Zero Barriers).”
Tokopedia juga konsisten berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk
membantu penjual, termasuk pemuda pelaku UMKM lokal, agar bisa terus
meningkatkan daya saing bisnis dengan memperoleh akses terhadap
edukasi bisnis online. Mulai dari menghadirkan halaman Pusat Edukasi Seller,
Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital,
hingga komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top).
Tokopedia melalui Rizky pun membagikan dua kisah inspiratif pemuda pelaku UMKM Indonesia, yaitu Gracia Chandra (Gracious Project) dan Benny Santoso (Tempeman) yang memulai dan menciptakan peluang lewat teknologi, khususnya Tokopedia.
‘Tempeman’ Gandeng Petani Kedelai Lokal dan Berinovasi Buat Tempe Kekinian Tengah
hingga Bali untuk menghadirkan olahan tempe kekinian. Benny
Santoso, pemuda asal Surakarta (usia 27 tahun), melihat peluang
bisnis online olahan tempe sejak tahun 2016. Berawal dari tugas akhir kuliah
membuat tempe rasa keju, Benny fokus membangun dan memperkenalkan
Tempeman lewat kreasi unik camilan olahan tempe.
“Awalnya, Tempeman membuat camilan kering dari tempe yang laris di pasaran. Agar Tempeman bisa terus relevan dengan perkembangan zaman, kami mencoba mengangkat tempe sebagai kuliner sehat, bergizi dan tetap memenuhi selera kekinian. Tempeman membuat olahan tempe inovatif, seperti cokelat, cookies hingga protein ball beragam rasa,” ujar Benny.
“Tempeman bekerja sama dengan berapa produsen rumahan asal Bali, termasuk
HAS Chocolate dan Gelato Secret. Selain itu, Tempeman
juga bekerja sama dengan petani lokal asal Grobogan (Jawa
Tengah), Pulaki (Bali Utara) hingga Tabanan (Bali). Kami membeli langsung
kedelai mentah dari para petani dengan harga yang lebih
tinggi dari harga tengkulak,” tambah Benny.
Benny pun mulai berjualan online di Tokopedia pada tahun 2020 agar dapat
terus melanjutkan bisnisnya karena pada saat pandemi, seluruh
penjualannya anjlok hingga 40%. “Sejak berjualan online di
Tokopedia, omzet bulanan UMKM Bali Tempeman bisa mencapai puluhan juta dengan
produk paling laris adalah varian cokelat tempe
dan cookies tempe rasa keju,” jelas Benny.
“Berkat
Tempeman dan para pelaku usaha makanan dan minuman, Tokopedia mencatat berbagai
tren menarik. Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries (seperti Makanan dan Minuman
adalah salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia selama semester I
2023, baik secara nasional maupun khusus di Bali. Selain itu, khususnya di
Bali, produk makanan dan minuman, seperti tahu susu, wortel dan tempe adalah
yang paling laris di Tokopedia sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester
I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 7 kali lipat,” tambah
Rizky.
Untuk meningkatkan transaksi di Tokopedia, Tempeman menggunakan berbagai fitur, seperti flash sale, promo buy 1 get 1, TopAds dan Wawasan Pasar.
“Fitur Wawasan Pasar sangat bermanfaat bagi penjual karena kita bisa tahu produk terpopuler yang sedang banyak dicari pembeli di wilayah tertentu. Hal ini membantu kami untuk melakukan riset dan inovasi produk agar lebih relevan dengan kebutuhan pasar,” jelas Benny.
“Benny
mengungkapkan sebagai warga negara Indonesia yang memiliki kekayaan budaya,
terutama kuliner di Indonesia, kita patut mengapresiasi kekayaan budaya yang
kita miliki. Misalnya, dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda dan seterusnya, mari
kita mendukung produk UMKM Indonesia sehingga harapannya dapat meningkatkan
perekonomian Indonesia dan UMKM lokal makin berdaya.
Jual Skincare Natural, ‘Gracious Project’ Berdayakan Petani Lokal di Malang hingga Lombok Utara
Kehadiran
Gracious Project berawal dari hobi sang pemilik, yaitu Gracia Chandra (usia 31
tahun), yaitu meracik essential oils dan berbagai produk perawatan tubuh dengan
bahan natural yang aman bagi keluarga. Akhirnya, Gracia mendirikan usaha
skincare alami Gracious Project pada tahun 2020.
“Saat pandemi,
banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan skincare bagi keluarga.
Kebetulan saya punya latar belakang sebagai formulator, yang bisa membuat formula
untuk bahan kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terdorong untuk membuat
produk perawatan tubuh dengan bahan natural, salah satunya sabun natural,”
ungkap Gracia.
Produk ciptaan
Gracia yang semula digunakan untuk keluarga akhirnya berkembang dan makin
banyak peminat. Tak hanya menjual produk perawatan tubuh dengan bahan alami,
Gracious Project juga mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih natural, salah
satunya dengan menjual buku seputar resep dan cara pembuatan produk perawatan
tubuh alami, seperti soap bar dan essential oils.
“Produk kami menggunakan bahan alami dan kami peroleh dari petani lokal. Gracious Project bekerja sama dengan petani lokal penghasil minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) di Lombok Utara dan petani lokal minyak calendula di Malang. Ada juga perajin Bali dan Yogyakarta yang memproduksi alat pelengkap, seperti loofah (alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit), serta kapas yang dapat dipakai ulang,” jelas Gracia.
Sejak bergabung
di Tokopedia, Gracious Project memakai berbagai fitur, seperti TopAds, bebas
ongkir, flash sale, produk bundling, dan rutin mengikuti kampanye di Tokopedia,
salah satunya festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang
berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan.
“Berkat Tokopedia,
produk Gracious Project bisa dijangkau oleh masyarakat, termasuk komunitas pencinta
produk skincare alami, di seluruh Indonesia,” tutup Gracia.
Berkat
kehadiran Gracious Project dan para pelaku usaha lokal, penjualan berbagai
produk perawatan tubuh terus melesat di Tokopedia. Berdasarkan data nasional,
kategori produk Perawatan Tubuh di Tokopedia, body lotion, hair conditioner dan
hair mask menjadi beberapa produk terlaris di semester I 2023 dibandingkan
semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 5 kali
lipat.
Sebagai generasi muda yang inovatif dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, Gracia memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan semangat kolaborasi.
“Bagi saya, apa pun yang kita lakukan harus memberi dampak bagi lingkungan sekitar dan memiliki prinsip yang kuat dalam berbisnis. Bahkan dengan berkolaborasi kita dapat maju bersama untuk meningkatkan berbagai potensi hingga menciptakan sesuatu yang inovatif dan dapat dibanggakan masyarakat Indonesia,” tutup Gracia. (Tim Liputan)
Editor : Aan