Polsek Pulau Maya Karimata Gencarkan Sosialisasi Dan Patroli Cegah Karhutla

Editor: Redaksi author photo
Polsek Pulau Maya Karimata Gencarkan Sosialisasi Dan Patroli Cegah Karhutla

KALBARNEWS.CO.ID (KAYONG UTARA) – Guna terus memberikan kesadaran dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Personel Polsek Pulau Maya Karimata rutin Sosialisasi sekaligus melakukan patroli dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

 

Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Pulau Maya Karimata, Ipda SR Sembiring dan Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Maya Karimata Bripka Ahmad yang rutin melakukan patrolinya ke wilayah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan pada hari ini Selasa (27 September 2023).

 

Kapolsek Pulau Maya Karimata, Ipda SR Sembiring mengatakan situasi cuaca yang beberapa hari ini panas terik mengakibatkan hutan dan lahan kering dan berpotensi akan kebakaran oleh karena itu pihaknya terus melakukan kepada para pemilik kebun dan lahan untuk tidak membuka lahannya dengan cara membakar lahan kering tersebut.

 

“Kami bersama Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Maya Karimata terus secara rutin melakukan patroli ke wilayah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan, selain patrol kami juga memberikan edukasi kepada para pemilik kebun dan lahan untuk tidak membuka lahannya dengan cara membakar lahan,” ungkap Ipda SR Sembiring.

 

Kapolsek Pulau Maya Karimata, Ipda SR Sembiring sesuai arahan dari Kapolres Kayong Utara AKBP Achmad Dharmianto, S.H., S.I.K, yang memberikan pesan Kamtibmas yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas kepada warga sekitar lahan agar saling menjaga situasi sekitar dari kebakaran dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

 

“Untuk mengantisipasi terjadinya Karhula di Pulau Maya pada khususnya, karena  ada dua musim di Kecamatan Pulau Maya ini yakni musim kemarau dan musim penghujan, Pada bulan September lalu, selama dua pekan ini tidak ada turun hujan sehingga masih ada terjadi kebakaran lahan, di Kecamatan Pulau Maya,” ucapnya lagi.

Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan langkah preventif dengan mengacu pada ramalan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memperkirakan dalam sepekan ke depan diperkirakan kemarau dan tidak turun hujan.

 

“Oleh karena itulah kita gencarkan sosialisasi dan  himbauan di sejumlah titik rawan Karhutla," ujarnya.

 

Selain itu, lanjutnya, kegiatan patroli di sejumlah titik rawan karhutla juga diperkuat dengan melibatkan Bhabinkamtibmas, Patroli dilaksanakan sebagai upaya pencegahan sekaligus mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan.

 

"Patroli dilakukan siang-malam sehingga begitu ada api kecil, lebih mudah dilokalisir. Ini jadi langkah yang efektif untuk saat ini," ungkap Kapolsek Pulau Maya Karimata.

 

Polsek Pulau Maya Karimata akan bekerja sama dengan BPN Sukadana  untuk menelusuri kepemilikan lahan yang terbakar, jika masih ada Petani membuka lahan dengan cara membakar Lahan, sehingga menjadi Penyebab terjadi nya Titik api di Wilayah Kecamatan Pulau Maya.

 

"Pertama kita telusuri dulu pelaku pembakar lahan, kemudian kita proses secara hukum untuk selanjutnya dijatuhi sanksi," sebutnya.

 

Personel yang melaksanakan kegiatan Karhutlah dari Polsek Pulau Maya Karimata ada 4 personel, yaitu Kapolsek Pulau Maya Karimata IPDA Sr.Sembiring, Kanit Provoost Aiptu Cahyo Rimbe Pangarso, PS Kanit Binmas Aipda Hamsah, dan Bhabin Kamtibmas desa Satay Bripka Ahmad.

 

Pelaksanaan kegiatan  Patroli , Sosialisasi dan Himbauan Karhutla di Kecamatan Pulau Maya bertujuan supaya tidak membakar lahan, dan apabila melihat ada yang membakar lahan untuk segera mencegahnya.

 

“Meski tidak saat musim kemarau, tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan atau tidak membuka lahan dengan cara membakar, Saat musim kemarau maupun musim hujan, masyarakat kita imbau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar," tegasnya. (tim liputan).

 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini