KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- Rayakan ulang tahun Komunitas
Juwara yang ke-5, Mitra Bukalapak menggelar acara Juwara dalam Ingatan (JUWITA). Acara ini
diselenggarakan secara daring dan dihadiri oleh ratusan Mitra yang merupakan
pemilik warung dan agen individual dari seluruh Indonesia. JUWITA bertujuan untuk memberikan ruang antar
sesama pemilik warung dalam membagikan pengalaman mereka selama bergabung di
Komunitas Juwara serta mengapresiasi pencapaian dan keaktifan Mitra. Jumat (16 Juni 2023).Mitra Bukalapak Bangun Kreativitas Pemilik Warung Lewat Acara JUWITA
Dalam acara JUWITA
ini, para Mitra berkesempatan untuk terlibat selama proses perencanaan dan
pelaksanaannya. Kapten Juwara dari berbagai wilayah turut serta sebagai
panitia. Host dan co-host acara pun digawangi
langsung oleh Mitra yang memiliki keaktifan tinggi dalam kegiatan komunitas dan
inisiatif untuk mengajukan diri. Salah satunya Anty Selviani, Mitra Bukalapak
sejak tahun 2019, yang berperan sebagai host selama JUWITA
berlangsung.
Langkah ini
merupakan salah satu komitmen Mitra Bukalapak dalam menumbuhkan semangat
inovasi dan growth mindset para pemilik warung. Apabila
sebelumnya Mitra dapat belajar meningkatkan kapabilitas diri melalui berbagai
sarana edukasi dan aktivitas di Komunitas Juwara, kini mereka memiliki
kesempatan untuk mengaplikasikan pemahaman tersebut dengan merancang serta
mengorganisir acara secara langsung dan mandiri.
Sebagai komunitas
pemilik warung terbesar dengan lebih dari 130.000 anggota yang tersebar di 50
kota/kabupaten di Indonesia, Komunitas Juwara memiliki misi utama yaitu
menjadikan #WarungNaikKelas, dimulai dari sumber daya manusianya. Pemilik
warung diberdayakan dan didorong untuk meningkatkan kualitas usaha mereka
sehingga dapat bersaing lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif.
"Program
JUWITA merupakan salah satu upaya kami mengajak para Mitra untuk lebih percaya
diri dalam mengekspresikan diri dan ide-ide kreatif yang ada. Kemampuan ini
kemudian menjadi bekal yang sangat dibutuhkan dalam menciptakan bisnis yang
berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup mereka," ujar Howard
Gani, CEO Buka Mitra Indonesia.
Perkuat Aspek Pengelolaan Keuangan dengan BukaTabungan
JUWITA menyajikan
berbagai segmen informatif, termasuk Perjalanan Juwara yang memberikan
informasi mengenai sejarah terbentuknya komunitas, cerita sukses dari Kapten
Mitra di berbagai daerah, serta kilas balik atas berbagai aktivitas komunitas
yang telah dilakukan.
Selain itu,
terdapat segmen "Cerita Juragan" yang menghadirkan kesan dan
pengalaman Mitra selama menggunakan produk dan layanan Mitra Bukalapak, serta
aktif bergabung dalam Komunitas Juwara.
Dalam acara ini,
Mitra juga diajak untuk dapat memaksimalkan manajemen bisnisnya lewat edukasi
pengelolaan keuangan, salah satunya lewat pemanfaatan platform perbankan
digital hasil kerja sama Bukalapak dan Standard Chartered, yaitu BukaTabungan.
BukaTabungan
menawarkan berbagai fitur dan layanan yang memudahkan pemilik warung dalam
mengatur keuangan mereka. Dengan kemudahan buka rekening, bebas biaya admin,
dan bonus cashback, manajemen keuangan menjadi efektif, mudah, dan
aman bagi para pemilik warung.
Ahmad Prasetio,
Mitra Bukalapak asal Jakarta Timur, membagikan pengalamannya menggunakan
BukaTabungan sehingga dapat mengelola keuangan secara efektif.
"Sebelumnya,
saya cukup kesulitan untuk mengakses layanan perbankan lewat ponsel yang perlu
diaktivasi lebih dulu di cabang terdekat. Namun berkat kemudahan pembukaan
rekening digital di BukaTabungan, hal tersebut tidak lagi menjadi hambatan.
Nasabah yang merupakan pemilik warung seperti saya juga semakin diuntungkan
dengan tidak adanya biaya admin bulanan, bebas biaya transfer antar bank, dan
kesempatan mengisi saldo Mitra Bukalapak dengan mudah," jelas Ahmad.
Sebagian besar
transaksi ritel di Indonesia masih dilakukan melalui warung dan usaha
mikro lainnya. Namun eksklusivitas finansial dan keterbatasan pengelolaan
keuangan kerap menjadi tantangan utama. Laporan E-conomy SEA 2022 mencatat
bahwa 81% penduduk Indonesia berusia 15-35 tahun belum memiliki akses
memadai ke layanan perbankan. Dengan BukaTabungan, pelaku usaha mikro kini
dapat mengakses layanan perbankan digital untuk mendukung pertumbuhan bisnis
mereka.
Selain
segmen-segmen tersebut, acara JUWITA juga semakin lengkap dengan menampilkan
berbagai segmen hiburan seperti games, kuis, doorprize,
dan pemotongan kue secara simbolis.
Tentang Mitra Bukalapak
Mitra Bukalapak,
sebuah anak perusahaan dari perusahaan teknologi Indonesia, Bukalapak
("IDX:BUKA"), berfokus pada pengembangan warung tech untuk
memberdayakan pedagang kecil dan UMKM di Indonesia dengan teknologi.
Didirikan pada
tahun 2017, Mitra Bukalapak kini melayani lebih dari 16,8 juta warung, kios
pulsa, dan bisnis mikro dan kecil lainnya di seluruh Indonesia. Sebagai
pemimpin pasar di sektor online-to-offline (O2O), Mitra Bukalapak memenuhi
kebutuhan digital pemilik bisnis dengan menyediakan akses ke berbagai produk
fisik, virtual, dan keuangan. Platform ini juga menyederhanakan rantai pasokan
dan menyederhanakan berbagai lapisan proses logistik sehingga operasi bisnis
berjalan lebih efektif dan mengalami pertumbuhan yang lebih baik. Melalui
inovasi teknologi dan kegiatan berbasis komunitas, Mitra Bukalapak berkomitmen
untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. (Tim Liputan).
Editor : Aan