Proyek Kolaborasi China Mobile Dan Huawei Collaboration Raih "The Operator Award" Di Futurenet World 2023

Editor: Redaksi author photo

Proyek Kolaborasi China Mobile Dan Huawei Collaboration Raih "The Operator Award" Di Futurenet World 2023
KALBARNEWS.CO.ID (LONDON) - Di FutureNet World 2023, berlangsung di London dari 3-4 Mei lalu, proyek kolaborasi antara China Mobile dan Huawei, "Digital Twin Solutions for Autonomous Networks", sukses memenangkan "The Operator Award", penghargaan terkemuka yang dianugerahi FutureNet World kepada operator telekomunikasi terbaik. Senin (15 Mei 2023). 

FutureNet World, konferensi terkemuka di dunia dalam industri telekomunikasi, merumuskan arah perkembangan industri ini dengan mengutamakan otomatisasi jaringan dan teknologi pintar. Proyek China Mobile tersebut pertama kalinya memenangkan penghargaan setelah menjalani evaluasi ketat oleh analis dari beragam industri, seperti  Omdia, TM Forum, ABI Research, dan Appledore Research.

Dalam beberapa tahun terakhir, China Mobile dan Huawei telah berkolaborasi guna mengeksplorasi perkembangan Autonomous Networks (AN) tingkat tinggi berdasarkan konsep digital twin, serta menjalankan berbagai uji coba yang menghasilkan berbagai pencapaian inovatif.

·  Computing Force Network (CFN)

Solusi konvensional tak dapat menemukan sumber daya komputasi dan jaringan optimal secara sekaligus. Demi menjawab tantangan ini, China Mobile dan Huawei bekerja sama memetakan transport capacity OTN di banyak provinsi di Tiongkok, termasuk Guangdong. Solusi inovatif ini lalu digunakan untuk memvisualisasikan jaringan gabungan dan topologi komputasi. Dengan demikian, langkah ini memfasilitasi evaluasi atas transport capacity online dan rekomendasi tentang jaringan optimal dengan simpul komputasi yang menawarkan sumber daya komputasi memadai. Lebih lagi, northbound interface standar diterapkan guna mempercepat pengambilan keputusan dan ketersediaan layanan yang gesit. Seluruh langkah ini secara drastis mempersingkat implementasi layanan dari hitungan hari menjadi 30 menit sekaligus meningkatkan pemanfaatan sumber daya komputasi hingga 17%.

·  Cloud core network disaster recover (DR) switchover

Solusi konvensional sangat mengandalkan pengoperasian manual sehingga periode evaluasi DR berjalan terlalu lama. Lebih lagi, solusi ini kesulitan memvisualisasikan proses DR. Demi mengatasinya, China Mobile dan Huawei berkolaborasi menerapkan teknologi intelligent DR assistance di berbagai provinsi di Tiongkok, termasuk Zhejiang dan Henan, agar simulasi dan evaluasi DR berlangsung otomatis berdasarkan jaringan digital twin. Teknologi tersebut secara drastis mempersingkat waktu evaluasi dari satu minggu menjadi 10 menit. Di sisi lain, teknologi ini menghasilkan representasi lengkap dan visual dari seluruh proses DR sehingga memfasilitasi otomatisasi. China Mobile pun memanfaatkan teknologi ini sehingga berhasil menyelesaikan lebih dari 10 uji coba DR yang meliputi jutaan pengguna.

China Mobile selalu berkomitmen mempererat kolaborasi dengan Huawei. Tujuan bersamannya adalah melansir berbagai praktik AN yang lebih inovatif, serta terus mengeksplorasi kapabilitas AN tingkat tinggi, termasuk simulasi layanan, pelatihan AI, simulasi keamanan, serta optimasi jaringan. Hal ini akan memanfaatkan keunggulan digital twin dan mempercepat evolusi menuju AN L4 pada 2025. Dengan demikian, China Mobile dapat membantu berbagai jenis industri dan mendorong transformasi digital ekonomi serta masyarakat.(Tim Liputan).

Editor : Lan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini