Pawai Perahu Hias di Sungai Kapuas Berlangsung Meriah yang Diikuti 18 Kapal

Editor: Redaksi author photo

Pawai Perahu Hias di Sungai Kapuas Berlangsung Meriah yang Diikuti 18 Kapal
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Sintang yang ke 661 Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan Pawai Perahu Hias. Rabu (10 Mei 2023).

Ditandai dengan pengibaran bendera start, Pawai Perahu Hias tersebut dilepas oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno dari Taman Bungur Depan Pendopo Bupati Sintang. Mulai pukul 16.00 WIB, satu persatu perahu hias bergerak mulai dari Taman Bungur menuju Jembatan Kapuas dengan menyusuri sebelah kanan Sungai Kapuas, berbelok dibawah Jembatan Kapuas lalu menyusuri sebelah kiri Singai Kapuas, melewati Keraton Sintang, Sungai Kawat, Masuka, Waterfront Sintang, Jembatan Melawi, Kelurahan Alai dan kembali ke Taman Bungur.

Hadir pada pelepasan Pawai Perahu Hias tersebut Wakil Bupati Sintang Melkianus, Anggota Forkopimda, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Sintang dan para undangan. Di kiri dan kanan Sungai Kapuas terlihat ratusan warha menyaksikan Pawai Perahu Hias tersebut.  Begitu juga Kawasan Waterfront yang di Jalan Brigjen Katamso, tampak dipenuhi warga yang ingin menyaksikan Pawai Perahu Hias tersebut.

Dari salah satu perahu, tampak Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Periode 2014-2023 Yosepha Hasnah. Dan di perahu Dinas Kominfo, tampak Wakil Bupati Sintang Melkianus dan Forkopimda juga ikut naik dan mengikuti pawai dengan menaiki Kapal Bidar Pelangi Jubair.

Pawai Perahu Hias menjadi menarik karena di setiap perahu dihiasi umbul-umbul, spanduk ucapan HUT Kota Sintang ke 661, dan para penumpang juga semua berpakaian adat nusantara. Dan ada beberapa perahu hias yang disertai lagu-lagu dan meriam karbit.

Yustinus Koordinator Pawai Perahu Hias yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa ada 18 peserta yang ikut Pawai Perahu Hias yang terdiri dari berasal dari 15 Organisasi Perangkat Daerah, ditambah Bank Kalbar, Perumdam Tirta Senentang dan Kelurahan Ladang.

“Maksud kita melaksanakan Pawai Perahu Hias ini adalah kita ingin mengembalikan nuansa jaman dulu. Kita tahu, jaman dulu, perahu ini merupakan transportasi utama masyatakat Kabupaten Sintang. Bahkan hingga sekarang, perahu ini masih dipakai oleh masyarakat” terang Yustinus.

Yustinus menjelaskan jaman dulu, jalan darat belum maksimal, sehingga tranportasi air menjadi pilihan utama dan perahu menjadi sarana transportasi utama masyarakat. Kami ingin perahu ini kita perkenalkan kepada generasi muda saat ini dan dilestarikan.

“Dari dulu sampai sekarang juga, perahu ini masih dimanfaatkan masyarakat Kota Sintang untuk menyebarang. Perahu tambang di Kota Sintang ini sampai sekarang masih eksis karena masih banyak warga yang memanfaatkan jasa perahu tambang untuk menyeberang dari Masuka ke Keraton Sintang, dari Keraton ke Pasar Sungau Durian dan rute-tute lainnya” tambah Yustinus.

Yustinus juga menjelaskan momen Hari Ulang Tahun Kota Sintang ini memang pas untuk kita memberikan penghargaan kepada sarana transportasi sungai ini yakni perahu. Kita ingin juga memperkenalkan Waterfront Sintang sehingga kita mengambil rute melewati Waterfront Sintang, tadi banyak warga yang menyaksikan perahu hias ini dari waterfront dan pinggiran sungai.

''Kita juga ingin memberikan penghargaan kepada para pemilik perahu, dengan adanya sewa perahu dari para peserta, tentu ini berkah juga bagi para pemilik perahu di Kota Sintang ini. Kami berharap pada momen HUT Kota Sintang yang 662 Tahun 2024 mendatang, jumlah peserta bisa lebih banyak dan lebih meriah” harap Yustinus. (Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini