Omdia Ungkap Pasar Dukung Pembuat Panel Dan Hisense Perkuat Daya Beli Panel TV LCD

Editor: Redaksi author photo

Omdia Ungkap Pasar Dukung Pembuat Panel Dan Hisense Perkuat Daya Beli Panel TV LCD
KALBARNEWS.CO.ID (LONDON) -- Kompetisi dari pembuat TV tingkat atas asal Tiongkok sedang meningkat saat TCL dan Hisense, pembeli panel peringkat kedua serta ketiga terbesar dengan pangsa pasar 24% di 1Q23 menunjukkan pasar yang mendukung para pembuat panel asal Tiongkok, ungkap TV Display & OEM Intelligence Service Omdia. Sebelumnya sebesar 22% pada tahun 2022, gabungan pangsa pasar terbaru untuk TCL dan Hisense mengikuti sejarah rata-rata empat tahun dengan total pangsa pembelian sebesar 19%. Selasa (16 Mei 2023).

Selama dekade terakhir, Samsung telah memegang daya beli terkuat dengan pangsa pasar 13% pada tahun 2022 meskipun ini merupakan hasil yang jauh lebih lemah dibandingkan dengan 18% dari pengiriman panel TV LCD global yang dipasok ke Samsung pada tahun 2021.

Pada 1Q23, pembuat TV tingkat atas asal Tiongkok meningkatkan pengiriman TV untuk memperkuat posisi pasar TV global mereka dalam bisnis bermerek dan OEM.


Deborah Yang, Chief Analyst dalam Praktik penelitian layar Omdia mengatakan: "Laporan kami menunjukkan bahwa peningkatan pangsa volume pembelian panel bersama TCL dan Hisense mempersempit kesenjangan persaingan dengan Samsung sebesar 14% untuk daya beli panel TV LCD. Namun, terlepas dari berkurangnya persaingan dari para pembuat panel asal Korea pada panel TV LCD, prakiraan yang suram untuk permintaan pasar TV global terus menghambat para pembuat panel asal Tiongkok. Volume pembelian panel yang kuat dari para pembuat TV Tiongkok sangat penting bagi para pembuat panel asal Tiongkok untuk memanfaatkan kapasitas mereka dan memaksimalkan efisiensi rantai pasokan."


Pada tahun 2022, 76% dari panel TV LCD yang dibeli TCL dan Hisense datang dari para pembuat panel asal Tiongkok yang meliputi BOE, ChinaStar, HKC Display, CHOT, dan CEC-Panda, sebuah peningkatan dari 73% pangsa setahun yang lalu atau 58% pangsa pada tahun 2019. 


Kemunduran Samsung Display dan LG Display dari bisnis panel TV LCD pada tahun 2023 menyebabkan kesulitan bagi pembuat TV asal Korea Selatan, yang biasanya merupakan pembeli panel paling kuat di pasar, ketika bernegosiasi dengan pemasok panel eksternal.


"Diharapkan alokasi panel TV LCD akan berubah secara drastis, sejalan dengan lanskap kompetitif untuk stasiun TV global, di tengah-tengah masalah inflasi global yang ternyata akan menjadi tantangan serius bagi para pemain TV premium global," pungkas Yang.

Omdia, bagian dari Informa Tech, merupakan grup riset dan konsultasi teknologi. Pengetahuan mendalam kami tentang pasar teknologi ditambah dengan wawasan yang dapat ditindaklanjuti memberdayakan banyak organisasi membuat keputusan untuk bertumbuh secara cerdas.(Tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini