Peneliti University Of Technology Sydney Kembangkan Metode Pengobatan Gagal Jantung

Editor: Redaksi author photo

Peneliti University Of Technology Sydney Kembangkan Metode Pengobatan Gagal Jantung
KALBARNEWS.CO.ID (SYDNEY) - Lewat teknologi baru ini, jaringan jantung yang dicetak dengan teknik 3D "ditambal" pada lapisan jantung yang rusak sehingga menjadi alternatif yang lebih aman dan hemat biaya ketimbang transplantasi jantung. Peneliti The University of Technology Sydney (UTS) telah mendemonstrasikan, jaringan jantung yang dibuat dengan metode 3D bioprinting secara aman dan efektif membantu pemulihan pasien dari insiden serangan jantung yang parah. Kamis (20 April 2023).

Jaringan jantung ini dibuat dari sel yang diisolasi dari darah pasien. Tim UTS lalu merancang model 3D dari jantung pasien, dan mengidentifikasi area jantung yang mengalami kerusakan sebelum "menambal" permukaan jantung.

"Riset kami menunjukkan, tambalan yang direkayasa secara biologis merupakan metode pengobatan terbaik dan termutakhir untuk kasus kegagalan jantung," ujar Dr. Carmine GentileHeadCardiovascular Regeneration Group, UTS.

"Metode tambalan yang direkayasa secara biologis menjanjikan pengobatan yang lebih aman, konsisten, dan hemat biaya bagi pasien."

Temuan riset ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah ternama di dunia, Bioprinting.

Gagal jantung merupakan komplikasi penyakit jantung. Gagal jantung terjadi ketika pasokan darah tidak memadai sehingga jaringan jantung rusak di area yang terdampak. Metode intervensi saat ini mencakup transplantasi jantung—prosedur bedah yang berisiko besar.

"Berkat teknologi ini, pasien dapat menggunakan sel puncanya sendiri untuk membuat 'tambalan' jantung. Hal ini tak hanya mengurangi trauma dan biaya transplantasi jantung secara drastis, namun menghindari kendala lain, seperti ketika tubuh menolak jaringan donor jantung," jelas Dr. Gentile.

Heart Research Australia, mitra pendanaan riset ini, memuji perkembangan yang dicapai Dr. Gentile dan tim risetnya dalam mengatasi buruknya statistik dalam penyakit jantung.

"Kami gembira bahwa kerja sama riset ini terbukti sukses, dan kini memasuki babak baru. Kami juga menyambut potensi teknologi ini untuk membantu ratusan ribu orang yang mengalami gagal jantung setiap tahun," kata Nicci Dent, CEO, Heart Research Australia.

Pengujian lebih lanjut atas efek jangka panjang teknologi ini tengah berlangsung sebelum peneliti melakukan uji klinik.

University of Technology Sydney (UTS) tercantum dalam jajaran 150 universitas terbaik di dunia. UTS dikenal atas kiprahnya dalam menciptakan dampak positif di seluruh dunia lewat berbagai kerja sama riset global. UTS berada pada posisi #1 dari sisi dampak riset di Australia.(Tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini