Ampotech bergabung dengan Coastal Sustainability Alliance guna Mendukung Dekarbonisasi Sektor Maritim

Editor: Redaksi author photo

Ampotech bergabung dengan Coastal Sustainability Alliance guna Mendukung Dekarbonisasi Sektor Maritim
KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA)  -- Usaha rintisan asal Singapura yang bergerak di sektor energi Ampotech memperluas teknologi manajemen energi yang didukung internet of things ke sektor maritim. Pada 25 April 2023, Ampotech menjadi salah satu dari 11 anggota baru yang menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) untuk bergabung dengan Coastal Sustainability Alliance (CSA). (25 April 2023).

CSA, dilansir pada 2022 dan dipimpin oleh Kuok Maritime, merupakan aliansi yang mendekarbonisasi industri maritim di Singapura. Untuk itu, CSA mengembangkan kapal bertenaga listrik, infrastruktur pengecasan baterai, serta sistem manajemen listrik dan solusi optimasi logistik di wilayah pesisir. Delapan belas anggota CSA akan berinvestasi hingga di atas S$ 20 juta dalam inisiatif keberlanjutan selama 10 tahun mendatang. Tujuannya, mengurangi emisi karbon pada kapal sebesar 50% dan menurunkan arus lalu lintas laut hingga 20% pada 2030.


"Upaya The Coastal Sustainability Alliance membangun ekosistem logistik maritim generasi baru telah memasuki fase perencanaan. CSA gembira berkontribusi menginkubasi usaha rintisan lokal. Inisiatif riset Ampotech akan memperkuat efisiensi dan reliabilitas kapal PXO kami. Maka, kami akan mendukung Ampotech demi mencapai tujuan bersama," kata Victor Yeap, Senior General Manager, PaxOcean.

Sebagai salah satu penyedia teknologi baru dalam CSA, Ampotech akan bekerja sama dengan anggota CSA lain, seperti PaxOcean, M1, GenPlus, dan ST Engineering. Kerja sama ini melibatkan langkah untuk memantau dan mengoptimalkan penggunaan energi pada e-tug yang memakai baterai milik PXO, serta e-supply kapal. Bahkan, kapal-kapal ini akan menjadi armada pertama dan terbesar yang dirancang, dibangun, dan dikelola pelaku lokal.


"Teknologi manajemen energi kami telah teruji ketika dipakai pada wilayah pesisir, baik di gedung komersial dan industri. Kami gembira atas kesempatan ini, serta ingin memperluas keahlian tersebut ke sektor maritim bersama CSA guna membuat dampak positif yang lebih luas," ujar CEO, Ampotech, William Temple.


Ampotech Pte Ltd adalah perusahaan teknologi energi yang berbasis di Singapura. Ampotech mengembangkan perangkat keras internet of things (IoT) dan perangkat lunak yang didukung kecerdasan buatan (AI). Solusi buatan Ampotech membantu berbagai perusahaan mengumpulkan, menganalisis, serta mengintegrasikan data penggunaan listrik di gedung dan mesin untuk pelaporan tentang aspek keberlanjutan (sustainability reporting), penyusunan standar (benchmarking), otomasi, dan manajemen fasilitas. Produk dan perangkat lunak Ampotech mendapat kepercayaan dari pemimpin industri energi dan real estat, bahkan ribuan perangkat Ampotech telah dipakai di gedung komersial, residensial, dan industri. Ampotech juga sukses mendapat pengakuan sebagai salah satu perusahaan teknologi iklim terbaik di Asia Tenggara. Hal ini tecermin dari berbagai penghargaan yang diraih Ampotech dalam bidang lingkungan binaan (built environment (tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini