Pencapaian 5G Terwujud Dalam Tiga Tahun

Editor: Redaksi author photo

Pencapaian 5G terwujud dalam tiga tahun 
KALBARNEWS.CO.ID (BARCELONA) -- Huawei menggelar 5G Business Success Summit pada ajang Mobile World Congress (MWC) tahun ini. Peng Song, PresidentICT Strategy & Marketing, Huawei, menyampaikan sebuah paparan berjudul "Diverse Paths to 5G Monetization, Accelerating 5G Business Success". Lewat paparan ini, dia menilai, pencapaian yang dibuat 5G pada tiga tahun pertama menandingi pencapaian yang dibuat 4G pada lima tahun pertama. Bahkan, operator terkemuka telah meraih kesuksesan pada perkembangan 5G tahap pertama. 5G akan mempertahankan kesuksesan ini jika potensinya semakin terwujud di sektor ToC, ToH, dan ToB. Rabu (1 Maret 2023).

Dalam paparannya, Peng mencatat, penetrasi pengguna 5G global pada tiga tahun pertama telah menandingi penetrasi pengguna 4G pada lima tahun pertama. Operator yang mencatat penetrasi pengguna 5G di atas 20% pada perkembangan tahap pertama ini juga mengalami pertumbuhan signifikan dalam pendapatan seluler. Sementara, perangkat, konten, pengalaman, dan model bisnis semakin terdiversifikasi setelah operator dan mitra menyambut era 5G. Hal ini terlihat dari peralihan pasar yang sebelumnya mengambil keputusan berdasarkan risiko hingga kini berdasarkan pendapatan sehingga kian menjamin kesuksesan bisnis. Menurut Huawei, migrasi cepat pengguna 5G dan arus penggunaanya menjadi kunci sukses: jika operator melakukan migrasi 30% arus penggunaan menuju 5G eMBB dalam tiga tahun, maka ROI tercapai hanya di bawah tiga tahun. Jangka waktu ini bahkan semakin singkat jika operator menerapkan layanan FWA dan ToB.


ToC: Diferensiasi Pengalaman Menjadi Paradigma Baru dalam Monetisasi Jaringan

Jaringan 5G menggunakan fitur canggih guna mewujudkan diferensiasi pengalaman bagi beragam pengguna. Misalnya, operator dapat memberikan jaminan kecepatan downlink bit bagi pengguna VIP dan pengalaman yang baik untuk layanan uplink. Operator di Tiongkok bahkan telah mulai mengeksplorasi paradigma ini.


ToH: 5G FWA Menjadi Keunggulan Layanan Home Broadband dengan Pengalaman yang Setara dengan Jaringan Fiber

Pada akhir 2022, 95 operator secara komersial meluncurkan layanan 5G FWA bagi lebih dari 10 juta pengguna rumahan. Lewat implementasi cepat, pengalaman baik, biaya murah, dan efisiensi energi yang tinggi, 5G FWA mengakhiri penggunaan material tembaga di pasar maju, serta menghadirkan akses home broadband di pasar berkembang. Operator di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika pun meraih kinerja yang luar biasa.


ToB: Jaringan Privat 5G Menjadi Kunci Mengeksplorasi Enterprise Digital Blue Ocean

Menurut Peng, operator dapat membangun koneksi layanan yang luas dengan kalangan perusahaan lewat jaringan privat 5G. Langkah ini menciptakan ruang di pasar bagi transformasi digital perusahaan yang tiga hingga 10 kali lebih besar dari segmen jaringan privat. Hal ini turut menggerakkan penjualan cloud, pusat data, F5G, dan layanan lain yang bernilai tambah. Segmen pasar jaringan privat 5G ToB di luar Tiongkok kini tengah berkembang pesat. Pada 2022, jumlah jaringan yang dibangun bahkan bertambah dua kali lipat. Potensi mendatang pun semakin besar.


Peng menutup paparan dengan menambahkan bahwa 5G tak hanya mengenai valuasi ekonomi dari sisi operator, namun juga manfaat sosial yang besar. Huawei mengajak operator global dan mitra industri agar bergabung dalam rencana bisnis GUIDE, serta mewujudkan potensi jaringan 5G dari "5Good to 5Great".

Data pendukung: Menurut statistik GSMA dan GSA terbaru, pada Desember 2022, lebih dari 240 jaringan 5G telah beroperasi secara komersial di seluruh dunia, dan lebih dari 1.700 terminal 5G dari beragam tipe telah diluncurkan, sedangkan, jumlah pengguna 5G telah menembus satu miliar. Di sisi lain, ARPU 20 operator terbesar di dunia meningkat hingga 10%, atau 1% lebih tinggi dari kinerja rata-rata global.


MWC Barcelona 2023 berlangsung dari 27 Februari hingga 2 Maret di Barcelona, Spanyol. Huawei memamerkan berbagai produk dan solusi di paviliun pameran 1H50 di Fira Gran Via Hall 1. Bersama operator, praktisi industri, dan pemuka opini global, Huawei mengulas sejumlah topik seperti kesuksesan bisnis 5G, peluang 5.5G, pembangunan hijau, transformasi digital, dan visi tentang pelaksanaan rencana bisnis GUIDE sebagai landasan menuju 5.5G, serta meningkatkan kesuksesan 5G. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini