Kalis Kecamatan Pertama Orientasi TPK-PPS di Kapuas Hulu

Editor: Redaksi author photo

Kalis Kecamatan Pertama Orientasi TPK-PPS di Kapuas Hulu 
KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) -Kecamatan Kalis menjadi tempat pertama orientasi Tim Pendamping Keluarga Percepatan Penurunan Stunting (TPK-PPS) dan pengenalan aplikasi elsimil bagi tim pendamping keluarga, di Kapuas Hulu. Tujuan kegiatan ini sebagai penguatan TPK-PPS khususnya di Kecamatan Kalis dalam upaya percepatan penurunan stunting. Selasa (21 Maret 2023).

Ketua Pokja Orientasi TPK-PPS sekaligus Widyaiswara Ahli Madya Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat Adi Pranowo menjelaskan, Kecamatan Kalis merupakan tempat pertama kegiatan orientasi Tim Pendamping Keluarga Percepatan Penurunan Stunting (TPK-PPS) dan pengenalan aplikasi elsimil bagi tim pendamping keluarga di Kabupaten Kapuas Hulu. Sebelumnya kegiatan sama seperti ini sudah dilakukan BKKBN di Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Kayong Utara. 

Di Kecamatan Kalis sendiri terdapat 51 Tim Pendamping Keluarga. Tim ini terdiri dari para bidan, kader PKK dan kader KB. Dalam kegiatan ini sasaran total BKKBN mencapai 12609 TPK yang akan dilakukan secara bertahap. 

Isi dari orientasi ini banyak. Mulai dari materi seribu hari pertama kehidupan, kemudian tugas pokok TPK, mekanisme pendampingan calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca nifas dan bayi 0-59 bulan. 

"Di sini kita juga mengenalkan apliaksi elsimil. Di aplikasi ini nanti bisa menjadi alat komunikasi antara TPK dengan calon pengantin ibu hamil, nifas dan bayi 0-59 bulan," timpalnya. 

Diakui dia, dalam aplikasi ini masih mengalami kendala. Utamanya di wilayah  dengan sinyal internet yang masih lemah. Meski begitu ini masih bisa digunakan. Caranya dengan mengeprint formulir aplikasi itu kemudian diisi manual. Memang kerjanya dua kali. Tapi semaksimal mungkin aplikasi ini akan digunakan," ujarnya. 

Selain pengenalan aplikasi elsimil. Di kegiatan ini juga diberikan materi tentang Kampung Keluarga Berkualitas dan tentang percepatan penurunan stunting.(BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini