KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Laporan terbaru dari Google yang
mengamati perubahan perilaku konsumen dari
tahun ke tahun menunjukkan bahwa orang Indonesia lebih mendasarkan keputusan pembelian pada aspek
kesepadanan terhadap nilai uang (value for money)
dan tingkat kepercayaan mereka kepada suatu brand. Laporan tahun ini
menunjukkan bahwa rata-rata konsumen
jadi lebih menuntut dan semakin memahami makna suatu brand yang melebihi aspek harga dan kenyamanan. Kamis (16
Februari 2023).Orang Indonesia Semakin Memperhatikan Faktor Biaya, Lingkungan, Dan Kepercayaan Terhadap Brand Sebelum Berbelanja
“Sangat menarik untuk
diperhatikan bahwa laporan tahun ini mencatat banyak sekali momen yang bisa dijadikan perenungan mendalam,“
ungkap Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google
Indonesia. “Brand harus peka dengan keadaan bahwa setelah pandemi yang panjang dan kini dihadapkan dengan kondisi ekonomi
global yang penuh ketidakpastian, banyak orang Indonesia
mengajukan sejumlah pertanyaan mendalam kepada Google seperti “kenapa harga naik” (naik 120% YoY) dan “apa itu inflasi”
(naik 50% YoY).”
Laporan Year in Search 2022,
edisi kelima dari panduan industri terkemuka untuk tren makro dan spesifik industri ini, berupaya untuk
memahami bukan hanya perubahan cara belanja orang Indonesia,
tetapi juga cara mereka bekerja dan cara memahami masa depan dalam kondisi ekonomi yang berubah sangat cepat. Laporan
ini dibagi menjadi tiga tema besar – Soul Searching,
Value Hunting, dan Finding Joy -- dan tujuh vertikal industri utama: Teknologi;
Media dan Hiburan; Kecantikan dan Perawatan Diri;
Makanan dan Minuman; Transportasi; Perjalanan; serta
Keuangan.
Mencari nilai dan pengetahuan
Penelusuran untuk
"bandingkan dengan" naik 50% year-over-year (YoY) karena
pembeli meluangkan waktu untuk membandingkan produk
sebelum membuat keputusan pembelian.
Sementara itu, penelusuran untuk "review konsumen" naik 60%
YoY.
Penelusuran untuk “buffet
restaurant” meningkat 60% YoY.
Ada peningkatan minat
penelusuran sebesar 20% YoY untuk “produk original”.
“Broad Match campaign yang
baru-baru ini kami lakukan untuk mengonversi konsumen yang menelusuri ‘tukar-tambah Samsung’ di
internet telah membantu kami meningkatkan nilai rasio konversi sebesar 79%,” kata Anggi Paramita,
Head of Media, Samsung Electronics Indonesia.
Laporan tahun ini -- yang
didasarkan pada data Google Trends (September 2021-September 2022, Desember 2021-Desember 2022) dan
laporan e-Conomy SEA 2022 – menyoroti sejumlah
tren menarik, termasuk:
Penelusuran untuk “remote
work” (pekerjaan dari jarak jauh) naik 60% YoY, sementara
42% responden survei mengatakan
bahwa mereka akan menolak pekerjaan jika mereka tidak
dapat bekerja dari rumah.
Penelusuran untuk
"financial freedom” (kebebasan finansial) naik 50% YoY, sementara
penelusuran untuk “work life
balance” (keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi) naik 100% YoY.
Penelusuran untuk “side
hustle” (pekerjaan sampingan) naik 50% YoY, sementara penelusuran untuk “hybrid learning”
(pembelajaran hybrid) naik 200% YoY.
“Mengingat hal yang telah
kita lalui selama beberapa tahun terakhir, dapat dimengerti jika orang-orang lebih reflektif dan memikirkan
masa depan,” tambah Yolanda. “Terlebih lagi dengan
banyak hal tidak terduga yang terjadi, kita bisa lihat dalam laporan ini bahwa
mereka mencoba mengontrol kembali hidupnya dan
mencari cara-cara baru menuju kemandirian finansial.”
Seperti yang dicatat dalam
laporan tahun lalu, orang Indonesia menjadi lebih sadar lingkungan. Tren itu berlanjut pada tahun 2022, dengan:
Penelusuran untuk
"kendaraan listrik" naik 80% YoY.
Penelusuran untuk
"keberlanjutan" naik 60% YoY.
Penelusuran untuk
"jejak karbon" naik 50% YoY.
Penelusuran untuk
"sampah makanan" naik 40% YoY.
Laporan ini juga menunjukkan
bahwa orang Indonesia mencari cara yang terjangkau untuk memanjakan diri:
Penelusuran untuk restoran
“Michelin star” naik 30% YoY.
Penelusuran untuk “pijat
terdekat” naik 70% YoY.
Minat penelusuran untuk
“Omakase” naik 100% YoY.
Minat penelusuran tentang
"glamping" naik 40% YoY.
Penelusuran untuk
"berdandan" meningkat 210% YoY.
Penelusuran untuk “pakaian
formal untuk pria” naik 50% YoY.
Pada tahun 2022, tren
non-tunai terus berlanjut dengan:
Penelusuran untuk “dompet
digital” naik 20% YoY dan “digital banking” naik 30% YoY.
Penelusuran untuk “ewallet”
meroket 190% YoY.
Penelusuran untuk “QRIS”
meningkat 140% YoY.
Ambil tindakan
Google merekomendasikan
beberapa langkah yang dapat dilakukan Brand saat ini juga untuk meningkatkan strategi mereka:
Gunakan strategi pemasaran
inklusif sebagai pola pikir yang mendasari semua hal, bukan hanya sebagai pelengkap.
Berpikir secara visual di
luar penelusuran teks: Gunakan aset gambar yang menarik.
Temui pembeli di mana pun
mereka berada - baik offline atau online.
o Buat kampanye Performance
Max.
Respons permintaan konsumen
secara real time.
o Gunakan halaman Insights
Google Ads. (tim Liputan).
Editor : Aan