EW8.X-230 Buatan Shanghai Electric Tercantum dalam Daftar "Top 10 Offshore Turbines of the Year 2022

Editor: Redaksi author photo

EW8.X-230 Buatan Shanghai Electric Tercantum dalam Daftar "Top 10 Offshore Turbines of the Year 2022
KALBARNEWS.CO.ID (SHANGHAI) -- Shanghai Electric mengumumkan, generator turbin angin buatannya EW8.X-230 tercantum dalam daftar "Top 10 Offshore Turbines of the Year 2022" versi Wind Power Monthly, sebuah publikasi terkemuka di dunia yang mengulas industri pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB). Hal ini tercapai setelah EW8.X-230, turbin lepas pantai generasi baru yang menggunakan platform Poseidon, terpilih sebagai salah satu produk yang paling inovatif dalam daftar "Top 50 turbin manufacturer" di Tiongkok pada September 2022. Senin (21 Februari 2023).

Dikembangkan Shanghai Electric Wind Power Group Co., Ltd., EW8.5-230 adalah turbin PLTB semi-direct drive terbaru dari Shanghai Electric untuk wilayah pantai di Tiongkok dengan kecepatan angin menengah dan rendah. Generator ini dilengkapi bilah (blade) berbahan serat gelas dan karbon dengan dimensi 100 meter, serta teknologi pintar Sensor Roller. Lebih lagi, EW8.5-230 menggunakan desain, produksi, dan O&M yang terdigitalisasi dalam seluruh siklus pemakaian. Sistem kendali terbaru LeapX turut mengurangi beban operasional generator sekaligus mewujudkan interkoneksi canggih dengan sistem Fengyun (iWind) dari Shanghai Electric.


Dirancang agar mampu beroperasi dengan reliabilitas dan stabilitas yang baik dalam kecepatan angin rendah, generator ini menjadi solusi PLTB yang sangat hemat biaya. Berkat teknologi modern dan desain mutakhir, EW8.X-230 segera menjadi standar baru di industri PLTB lepas pantai. Dalam jangka panjang, EW8.X-230 juga mendukung Tiongkok memenuhi target puncak karbon dan netralitas karbon, serta mencapai paritas energi PLTB lepas pantai (offshore parity).


Generator EW8.X-230 mencapai angka produksi listrik yang lebih besar sekaligus mempertahankan reliabilitas terbaik. Hal ini terwujud berkat teknologi semi-direct drive chain generasi baru yang sangat terintegrasi. Lebih lagi, Shanghai Electric berhasil membuat inovasi dan terobosan teknologi untuk seluruh unit dan komponen inti PLTB selama beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, Shanghai Electric mampu menyediakan solusi yang mengurangi biaya kilowatt-jam secara drastis pada seluruh siklus penggunaan PLTB.


Dengan diameter rotor sepanjang 230 meter, EW8.X-230 memiliki diameter rotor terbesar di antara model turbin PLTB lain yang telah terpasang, bahkan dimensi ini setara dengan luas 5,8 lapangan sepakbola standar. Ukuran rotor yang lebih besar turut meningkatkan daya keluaran secara signifikan. Berdasarkan kecepatan angin tahunan rata-rata, yakni 7,5 meter per detik, turbin ini dapat menghasilkan listrik sebesar 28 juta kWh per tahun. Suplai listrik tersebut memenuhi kebutuhan listrik tahunan bagi sekitar 14.500 keluarga, serta mengurangi konsumsi batu bara hampir 10.000 ton dan emisi karbondioksida hingga 24.000 ton.


Hingga kini, 47 turbin angin semi-direct drive EW8.5-230 telah terkoneksi dengan sistem jaringan transmisi listrik di Provinsi Shandong, Tiongkok Utara. Berlangsung selama 121 hari, proyek ini sukses mencetak rekor dunia, yakni PLTB berkapasitas lebih dari 399,5 MW dengan masa konstruksi tersingkat. Bahkan, proyek ini meraih status sebagai proyek PLTB lepas pantai pertama dengan paritas energi dalam "Rencana Pembangunan Lima Tahun Ke-14" Shandong, serta salah satu proyek utama yang diawasi pemerintah provinsi. Proyek ini juga menjadi PLTB dengan turbin komersial yang memiliki diameter rotor terbesar di dunia.


Shanghai Electric Group Company Limited (SEHK: 02727, SSE: 601727) adalah perusahaan terkemuka di dunia yang memproduksi solusi sistem berteknologi pintar yang ramah lingkungan dan berstandar industri. Shanghai Electric memiliki jangkauan global. Lebih lagi, Shanghai Electric bergerak dalam segmen smart energyintelligent manufacturing, dan integrasi digital intelligence. Shanghai Electric mengutamakan pembangunan rendah karbon dan transformasi digital dengan membuka bidang baru, serta mempromosikan motor penggerak pertumbuhan yang baru. Maka, Shanghai Electric bertekad memimpin penurunan karbondioksida sebelum 2030 dan mencapai netralitas karbon sebelum 2060. Di sisi lain, Shanghai Electric juga ingin memimpin kegiatan produksi peralatan energi baru dan melokalisasi produksi peralatan premium, memanfaatkan peluang tanpa batas dalam ekosistem industri inovatif bersama mitra global. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini