Event Cap Go Meh 2574 Jadi Pusat Festival Kebudayaan dan Kuliner

Editor: Redaksi author photo

Festival Cap Goh Meh 2574  Pontianak resmi dibuka Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Festival Cap Goh Meh 2574 Tahun 2023 Pontianak resmi dibuka Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dengan ditandai pemukulan gendang barongsai dan pelepasan burung merpati di Jl. Diponegoro, Pontianak, Senin (30 Januari 2023) sore.

Meski sempat diguyur hujan deras, namun acara tetap berlanjut dan tak menyurutkan antusiasme warga menonton pertunjukan Barongsai Perdamaian saat pembukaan Pekan Kuliner Festival Cap Go Meh 2574 Pontianak.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, digelarnya kembali Festival Cap Go Meh setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19 diharapkan dapat memberi hiburan kepada masyarakat dan ekonomi dapat segera bangkit dan pulih.

“Kita bersyukur pandemi Covid-19 sudah melandai, sehingga semua aktivitas tidak lagi dibatasi dan kita bisa kembali merayakan Cap Go Meh pada tahun 2023 ini. Tentunya ini akan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat yang kurang sehat karena selama dua tahun kita dihadapkan dengan Covid-19,” ujarnya. 

Wali Kota juga mengharapkan, perayaan Cap Go Meh Pontianak diusulkan menjadi event nasional, agar bisa menjadi event tahunan untuk menjaga warisan budaya yang ada di Kota Pontianak.

“Jika ini bisa menjadi event nasional, maka dipastikan akan banyak produk lokal anak bangsa kita yang bisa dipromosikan ke daerah lain. Jika ini disetujui maka, kita yakin Kota Pontianak sebagai kota pariwisata di Indonesia dan sebagai tempat tujuan utama bagi wisatawan,” tuturnya.

Ketua Panitia Perayaan Cap Go Meh Pontianak, Hendry Pangestu Lim menjelaskan, event Cap Go Meh Pontianak tahun 2023 berlangsung selama tujuh hari dimulai pada Senin (30/2/2023) hingga Minggu (5/2/2023).

Kegiatan festival kebudayaan dan kuliner dipusatkan di sepanjang Jalan Diponegoro Pontianak. Untuk festival budaya dan kuliner ada 66 stand tenda pelaku UMKM yang menampilkan berbagai produknya di sepanjang jalan Diponegoro dan sekitarnya,” katanya.

Ia menambahkan, selama event berlangsung, festival atau pekan kuliner dimulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB selama tujuh hari.

Sedangkan pada Jumat (3/2/2023) di Kelenteng Kwan Tie Bio akan ada ritual naga buka mata. Selanjutnya karnaval naga dan barongsai akan digelar di hari puncak perayaan Cap Go Meh pada hari Minggu (5/2/2023) start dari ujung Jalan Pattimura dan finish di Jalan Budi Karya Pontianak.

"26 naga yang dimainkan oleh warga Pontianak dan Kubu Raya siap tampil dan memukau penonton. Malam harinya akan ada aktraksi Naga Bersinar saat karnaval malam mulai pukul 19.30 sampai 22.30 WIB di Jalan Gajah Mada, Juanda dan Budi Karya,” tuturnya.

Rangkaian perayaan Cap Go Meh Pontianak akan ditutup dengan pembakaran naga di Pemakaman Yayasan Bhakti Suci, Jl Adi Sucipto, Sungai Raya Kubu Raya pada Senin (6/2/2023) mulai pukul 12.30-16.30 WIB. (sgt)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini