Alfian Buka Perlombaan Tingkat Regu Pramuka Penggalang IV (LT-IV) Kwarda Kalbar

Editor: Redaksi author photo

Alfian Buka Perlombaan Tingkat Regu Pramuka Penggalang IV (LT-IV) Kwarda Kalbar
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Alfian, M.M secara resmi membuka Lomba Tingkat regu Pramuka Penggalang IV ( LT - IV ) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka  di Halaman Kampus IKIP PGRI Jalan Ampera Pontianak, Kamis (23 Februari 2023).

Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka merupakan salah satu alternatif solusi yang sangat relevan dan menjadi harapan kita dalam menjawab berbagai permasalahan Kepramukaan, karena dengan keberadaan organisasi dan anggota yang tersebar di semua Tingkatan Wilayah, pola pendidikan berorientasi pada membangun karakter dan kepribadian yang unggul serta jenjang pembinaan yang jelas sehingga diharapkan dapat menjadi generasi muda bangsa yang diharapkan dalam menopang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan kompeten.

"Semoga adik-adik penggalang yang terampil dan mampu menjadi tauladan serta menjadi insan yang memiliki semangat dalam mengamalkan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka yang didalamnya memiliki nilai-nilai pembentukan karakter bagi remaja dan pemuda," harapnya.

Tak hanya itu, Alfian juga berharap Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat dapat terus berkiprah membangun kepribadian generasi muda yang lebih mandiri dan berorientasi kebangsaan secara terus menerus serta berkelanjutan.

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alkadrie, S.H., M.H. menyampaikan pesan kepada anggota pramuka untuk bersemangat mengikuti kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang IV (LT-IV) agar kedepannya dapat berprestasi hingga bisa  mengharumkan nama Kalimantan Barat di kancah Nasional.

Sebagai informasi, Kegiatan yang berlangsung di halaman Kampus IKIP PGRI Jalan Ampera Pontianak,   dengan sistem terpusat yang diikuti dari 14 Kwartir Cabang se Kalimantan Barat dengan formasi 16 Pramuka Penggalang Putra dan Putri pemenang Lomba Tingkat III yang berlangsung di masing-masing Kwartir Cabang se- Kalimantan Barat.

LT IV Kwarda Kalbar diikuti 11 dari 14 Kwartir Cabang se- Kalimantan Barat, adapun Kwarcab yang tidak berpartisipasi antara lain Bengkayang, Kayong Utara dan Kapuas Hulu.

Peserta LT IV merupakan peserta didik yang berusia 11 - 15 tahun yang mayoritas duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Kegiatan LT IV menyajikan lebih dari 30 mata lomba yang pelaksanaannya berlangsung Kamis, 23 s/ d  Minggu  26 Februari 2023.

Lomba yang digelar antara lain Packing, Pionering, Orienteering, Masak Rimba, Reportase Kegiatan serta lomba ketangkasan lainnya. Kegiatan Lomba Tingkat yang berlangsung 5 tahun sekali ini menjadi kegiatan kompetisi tertinggi di Pramuka Penggalang yang berlangsung di penjuru tanah air.

Pada pembukaan kegiatan ini menghadirkan penampilan dari Gugus depan Pangkalan SMP Negeri 12 Sungai Raya dan SD Negeri 17 Pontianak.

Pemenang Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang IV (LT-IV) akan mewakili Kwarda Kalimantan Barat ke perhelatan LT V di tingkat Nasional pada Juli 2023 mendatang,   yang akan  berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.(BP).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini