Tampilkan 525 Koleksi Arsip, DPK Kalbar tuai pujian

Editor: Redaksi author photo

Tampilkan  525  Koleksi Arsip, DPK Kalbar tuai pujian
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Kegiatan pameran arsip yg di gelar oleh dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, di hari pertama, banyak menarik minat kalangan mahasiswa,  sejarahwan, guru2,  masyarakat umum tak terkecuali aparatur sipil negara pemprov maupun kota Pontianak. Selasa (24 Januari 2024).

Dari pagi hingga sore hari, tak henti pengunjung silih berganti melihat  koleksi milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat.

Sebagian besar kagum dan terhadap arsip lama yang ditampilkan. Serta merasakan banyak manfaat yang di dapatkan, karena banyak mengandung nilai sejarah didalamnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Sugeng Hariadi mengatakan bahwa Pameran Arsip digelar dalam rangka HUT Pemprov Kalbar Ke 66 Tahun. 

"Kami berusaha membangun ketertarikan masyarakat tentang arsip,  meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap arsip melalui Pameran Arsip.  Hal ini perlu di bangun kembali karena kita harus menjaga kelestarian dan kesadaran untuk merawat arsip. Karena arsip sebagai memori kolektif bangsa, " ujarnya.

Pada pameran kali ini, DPK Prov.Kalbar menampilkan perjalanan terbentuknya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang di awali dengan Kalimantan Barat pada masa Pra Kemerdekaan, Kalimantan Barat setelah Kemerdekaan ( Masa Nica Belanda dan RIS ), Masa NKRI,  sampailah pada Kalimantan Barat berstatus Provinsi Otonom serta materi arsip lainnya, " jelas Sugeng. 

"Tematik yang kami usung adalah Sejarah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Sebanyak 525 Koleksi arsip, kami tampilkan disini. Penempatannya pun di atur sedemikian rupa, sehingga memudahkan di ingat serta di pelajari  bagi mahasiswa serta pelajar yang hadir, " kata sugeng.

Pameran yang akan berlangsung hingga jumat tanggal 27 Januari, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang arsip.(BP).

Editor : Lan 

Share:
Komentar

Berita Terkini