KALBARNEWS.CO.ID (QINGDAO) -- Haier Smart Home ("Haier", Shanghai: 600690), merek alat elektronik rumah tangga dan
pengembang ekosistem smart home terkemuka di dunia, kembali memuncaki peringkat merek
alat elektronik rumah tangga dunia. Hal ini tercantum dalam laporan tahunan
2022 Euromonitor International, perusahaan terkemuka di dunia yang menyediakan
riset pasar strategis secara independen. Dengan demikian, Haier telah
mendominasi peringkat tersebut selama 14 tahun berturut-turut. Di sisi lain,
angka penjualan produk kulkas, mesin cuci, alat pendingin (freezer), dan wine cooler elektrik buatan Haier juga menempati peringkat pertama. Selasa (10 Januari 2023).Haier Jadi Merek Alat Elektronik Rumah Tangga No.1
Kinerja penjualan
luar biasa dalam empat kategori produk ini menjadi pencapaian baru Haier di
pasar alat elektronik rumah tangga dunia. Produk kulkas Haier telah menempati
peringkat pertama selama 15 tahun berturut-turut, alat cuci pakaian untuk rumah
selama 14 tahun, wine cooler selama 13 tahun, dan alat
pendingin (freezer) selama 12 tahun.
Selama lebih dari
30 tahun, Haier telah menjadi merek terdepan di segmen alat elektronik rumah
tangga, serta menggerakkan perkembangan industri dengan inovasi teknologi. Di
era Internet of Things (IoT), Haier akan melanjutkan misinya
sebagai merek ekosistem terkemuka di dunia yang menghadirkan teknologi smart
home bermutu tinggi bagi berbagai keluarga di seluruh dunia.
Di tengah
perlambatan ekonomi dunia yang menahan aktivitas belanja konsumen, Haier
mengutamakan kebutuhan konsumen dalam strateginya. Fokus ini ditempuh Haier
dengan menyesuaikan pendekatan yang memprioritaskan pengguna, memperbarui
ekosistem merek, serta mengikuti tren guna mewujudkan pertumbuhan stabil
sepanjang tahun.
· Pada 2022, CASARTE dari Haier
mempertahankan statusnya sebagai merek alat elektronik rumah tangga premium
nomor satu di Tiongkok.
· Di Eropa, wilayah yang mengalami
kemerosotan omzet alat elektronik rumah tangga sebesar 8,8%, Haier mencatat
pertumbuhan sebesar 4,2%.
· Laju pertumbuhan Haier Smart Home
berhasil mengungguli kinerja rata-rata industri di Australia selama
tiga tahun berturut-turut, bahkan pertumbuhannya mencapai 30%.
· Kinerja luar biasa Haier Smart Home
di Jepang juga mampu melawan tren pelemahan di industri, dan mencatat
pertumbuhan delapan kali lebih cepat dari industri secara keseluruhan.
· Haier mempertahankan posisinya,
dengan angka pertumbuhan 15%, sebagai salah satu dari tiga merek alat
elektronik rumah tangga terbaik di Thailand, terlepas dari faktor
sosioekonomi yang menghambat kinerja industri secara keseluruhan.
Three-Winged Bird,
merek milik Haier yang menghadirkan solusi yang dirancang khusus, mencakup alat
elektronik rumah tangga, furnitur, dan perlengkapan rumah, terus memperbarui
model bisnis. Targetnya, menjadi penyedia solusi smart home terpadu
yang menawarkan pengalaman smart home lengkap bagi pengguna.
Hingga kini, Three-Winged Bird telah membuka lebih dari 3.300 gerai
berfasilitas lengkap di seluruh dunia. Sementara, ekosistem smart home Haier
yang didukung Internet of Clothing (IoC) dan Internet
of Food (IoF), ekosistem smart home terbesar di
dunia, mengalami ekspansi besar-besaran pada 2022. Layanan IoC menawarkan
pengalaman berteknologi pintar dengan siklus lengkap, terdiri atas pencucian,
perawatan, pengelolaan, pengenaan, serta pembelian pakaian untuk lebih dari 65
juta pengguna.
Lebih lagi, Haier
telah membangun platform digital untuk kegiatan litbang, produksi, pemasaran,
pengendalian mutu, logistik dan layanan. Mendukung targetnya untuk mengurangi
biaya dan meningkatkan efisiensi operasional, Haier juga mengembangkan sistem
operasional yang menyatukan desain berbasiskan platform, kegiatan produksi
berbasiskan teknologi pintar (intelligent manufacturing), kolaborasi
berbasiskan Internet, kustomisasi, perpanjangan servis, dan manajemen digital
demi menggerakkan pertumbuhan. Di sisi lain, Haier melansir Haier Ecosystem
Innovation Park pada 29 Desember 2022. Fasilitas ini memadukan IoT, big
data, dan teknologi 5G, serta bekerja sama dengan laboratorium tingkat
nasional, sekaligus menjadi sentra yang menghubungkan sarana litbang dan
kalangan peneliti yang terkemuka di dunia. (Tiom Liputan)
Editor : Aan